Puasa merupakan salah satu ibadah wajib bagi umat muslim yang dilakukan setiap tahunnya. Meski tubuh merasa lemas karena menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam, hal tersebut tidak menjadi halangan untuk tetap beraktivitas dan belajar. Karena belajar membutuhkan fokus dan konsentrasi penuh agar apa yang dipelajari mudah dipahami dan tersimpan di dalam otak. Oleh karena itu, Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surabaya Syarifuddin membagikan 5 tips belajar saat puasa.

-Tips pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih tempat belajar yang nyaman. Hindari suasana yang mudah mengganggu, seperti di tempat umum atau sambil mengerjakan hal lain. Tempat belajar yang nyaman penting karena memiliki pengaruh terhadap tingkat kefokusan dan konsentrasi belajar seseorang. Setiap orang memiliki tipe tempat belajar yang berbeda-beda, maka dari itu menyiapkan tempat belajar yang nyaman dan tenang merupakan salah satu tips agar belajar tetap fokus meskipun dalam keadaan berpuasa.

-Tips kedua adalah menentukan target belajar. Hal ini penting agar setiap sesi belajar menjadi efektif dan terarah. Menentukan target juga bisa membantu menguatkan konsentrasi. Sebagai contoh, target dalam belajar bisa mencoba contoh soal dan mencoba memahami pola setiap nomor soal. Artinya, target ini tidak membuat kamu menghabiskan waktu untuk memahami terlalu banyak teori, tapi fokus pada mencoba soal-soal dan belajar dari kesalahan yang mungkin didapat.

-Tips ketiga adalah menjauhkan gadget dan media sosial. Hal ini diperlukan agar tidak mengganggu konsentrasi belajar. Notifikasi yang muncul di dalam gadget secara tidak sadar akan membuat seseorang ingin membuka dan mengetahui notifikasi tersebut. Hal inilah yang mempengaruhi konsentrasi dan fokus belajar seseorang jika gadget ada di sampingnya. Sehingga yang terjadi adalah lebih fokus bermain gadget dan media sosial daripada belajar.

-Tips keempat adalah memberi jeda dengan istirahat. Meski harus fokus belajar, tidak boleh terlalu keras dan berlarut-larut. Karena bisa menimbulkan efek burnout dan bisa menyebabkan stres atau pusing. Maka dari itu, penting untuk memberi waktu istirahat dan peregangan atau bisa dengan jalan-jalan melihat lingkungan sekitar.

-Tips kelima dan terakhir adalah memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan salah satu sarana yang dapat meningkatkan semangat dalam belajar. Seperti dengan sebuah gambar, bentuk visual, tampilan digital yang menarik, dan sebagainya. Ketika seseorang sudah merasa bersemangat dan merasa senang dalam belajar, maka rasa letih dan lelah akan terasa hilang.

Selain 5 tips tersebut, terdapat juga beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berpuasa. Seperti menjaga pola makan yang sehat dan seimbang, minum air yang cukup saat berbuka puasa, dan tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperbaiki daya ingat. Selain itu, perhatikan juga waktu belajar yang tepat. Sebaiknya belajar pada waktu yang tidak membuat tubuh merasa terlalu lelah atau mengantuk. Jangan sampai waktu belajar justru menjadi waktu tidur karena tubuh merasa terlalu lelah.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa. Usahakan untuk mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi agar tubuh tetap bugar dan energi untuk belajar tetap terjaga. Hindari makanan yang berlemak dan berat agar tubuh tidak terlalu sulit mencernanya dan menyebabkan tubuh merasa lesu.

Penting juga untuk tetap berolahraga saat berpuasa. Olahraga dapat membantu meningkatkan energi dan memperbaiki kondisi tubuh. Meskipun saat berpuasa kita tidak dapat berolahraga dengan intensitas yang sama seperti saat tidak berpuasa, namun tetap melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam ringan dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan memperbaiki konsentrasi saat belajar.

Dalam menjalani ibadah puasa, kesehatan fisik dan mental sangat penting. Dengan menjaga pola makan, berolahraga, dan tidur yang cukup, kita dapat menjaga kesehatan tubuh dan memperbaiki daya ingat dan konsentrasi saat belajar. Selain itu, dengan menerapkan tips-tips belajar saat puasa yang telah disebutkan di atas, belajar saat puasa menjadi lebih efektif dan terarah.