SMKN 3 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) baru-baru ini mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat (PKM), yang melibatkan dosen dan mahasiswa dari Universitas Pamulang jurusan Sistem Informasi, yang bertemakan “Pemanfaatan Cloud Storage Sebagai Media Kolaborasi Siswa Pada SMKN 3 Kota Tangerang Selatan”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan dan mengedukasi siswa SMKN 3 Tangsel tentang pemanfaatan Cloud Storage sebagai media kolaborasi dalam proses pembelajaran.

Cloud storage telah menjadi salah satu solusi yang populer untuk menyimpan dan mengakses data melalui jaringan internet. Di era digital seperti saat ini, pemanfaatan cloud storage dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran kolaboratif. Dalam kegiatan ini, dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang prodi Sistem Informasi menjelaskan konsep cloud computing secara detail kepada siswa SMKN 3 Tangsel.

Dalam presentasi interaktif tersebut, dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang menjelaskan definisi dan prinsip dasar dari cloud computing, serta manfaat yang bisa diambil dari penggunaannya dalam konteks pendidikan. Beberapa manfaat utama yang disoroti meliputi kemudahan kolaborasi dalam proyek kelompok, akses yang fleksibel ke materi pembelajaran dan penghematan biaya karena tidak perlu membeli perangkat keras tambahan. Mereka juga memberikan contoh konkret tentang cara siswa dapat memanfaatkan cloud storage dalam kegiatan sehari-hari di sekolah termasuk dari kegiatan berbagi dokumen dengan teman sekelas, mengedit dokumen secara bersama-sama secara real-time, serta mengakses materi pembelajaran yang disimpan dalam cloud storage kapan saja dan di mana saja menggunakan perangkat yang terhubung dengan internet.

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat tersebut, para dosen dan mahasiswa juga memberikan beberapa tips dan praktik terbaik dalam menggunakan cloud storage dengan aman dan efektif. Selain itu, kegiatan tersebut melibatkan sesi tanya jawab dan diskusi antara dosen, mahasiswa, dan siswa yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk memperdalam pemahaman mereka tentang penggunaan cloud storage dan menyelesaikan berbagai keraguan atau pertanyaan yang mereka miliki.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini juga tidak hanya terbatas pada presentasi, tetapi melibatkan beberapa dosen dan mahasiswa dari Universitas Pamulang prodi Sistem Informasi, antara lain Andri Fahmi, S.Kom., M.Kom., Ari Putra, S.Kom., M.Kom., Galuh Oka Safitri, S.Kom., M.Kom., dan mahasiswa, yaitu Raden Mas Laurensius Tri Joko Pamungkas, Wahyu Hadi Winarno, Hengki Hartono Zega, Faisal Akbar Salam, dan Fauzan Afif. Kegiatan tersebut diselenggarakan di SMKN 3 Tangsel pada 17 Mei 2023.

Akhir dari kegiatan tersebut ditandai dengan penyerahan plakat kepada Kepala Sekolah SMKN 3 Tangsel, Hj. Dwi Novy Hardani, S.Pd., sebagai tanda penghargaan atas kerjasama dan partisipasinya dalam terlaksananya kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) tersebut.