Tim dosen Program Studi (Prodi) Ilmu Kelautan Universitas Muhamamdiyah Palopo (UMPalopo) telah mengadakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) yang bertujuan untuk meningkatkan literasi laut anak-anak di SDN 13 Tappong dan SDN 7 Ponjalae. Kegiatan ini berlangsung pada Rabu, 27 September 2023, dan merupakan bagian dari upaya para dosen untuk mengedukasi generasi muda tentang pentingnya menjaga ekosistem laut.

Menurut Funty Septiyawati Polapa SKel MSi, Ketua Tim PKM Prodi Ilmu Kelautan UMP, kegiatan ini fokus pada siswa kelas 4. Mereka diberikan edukasi tentang pentingnya menjaga ekosistem laut melalui penggunaan buku animasi berjudul “Pepon Cinta Laut.” Tim PKM terdiri dari Rahmawati Nur Annisa SSi MSi, Fajria Sari Sakaria SKel MSi, dan Syamsu Alam Ramli SPd MPd, yang bekerja dengan tema “Literasi Cinta Laut Kepada anak usia Dini Yang Lingkungan Pesisir Kota Palopo.”

Penggunaan buku animasi sebagai media pembelajaran dipilih dengan sengaja karena dapat menyampaikan pesan dengan cara yang ringan dan mudah dipahami oleh anak-anak. Media ini populer di kalangan anak-anak karena memiliki warna-warna cerah dan cerita sederhana yang menarik.

Selama kegiatan PkM, tim dosen juga mengajarkan beberapa praktik lingkungan, termasuk pengurangan penggunaan sampah plastik. Mereka memberikan botol minum kepada anak-anak sebagai salah satu langkah untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Buku animasi ini juga berisi contoh praktik sehari-hari yang dapat dilakukan oleh anak-anak, seperti membuang sampah pada tempat yang disediakan, mendaur ulang sampah plastik, dan membawa tempat makan dan minum sendiri.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang ekosistem laut dan dampak negatif perilaku manusia terhadap lingkungan. Diharapkan, anak-anak akan menjadi lebih peka terhadap lingkungan sekitar mereka dan aktif menerapkan perilaku peduli lingkungan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, kegiatan ini merupakan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.