Universitas Baiturahmah (Unbrah) Padang telah menggelar sosialisasi Sistem Digitalisasi SINTA (Science and Technology Index) dengan tujuan meningkatkan pemahaman dosen dan tenaga pengajar terkait portal yang memberikan akses ke data publikasi dan penelitian di Indonesia. Acara tersebut dihadiri oleh segenap dosen dan tenaga pengajar Unbrah Padang dan menampilkan dua pemateri SINTA dari Divisi Publikasi Jurnal Kemendikbud RI, Fajar Sandi Prawoco, dan Rusdantafsili di Auditorium Unbrah Padang pada Selasa, 28 November 2023.

Rektor Unbrah Padang, Prof. Musliar Kasim, menyampaikan pentingnya sosialisasi SINTA ini sebagai langkah pertama untuk meningkatkan pemahaman terkait sistem jurnal SINTA di kalangan dosen Unbrah. “Karena di SINTA itu ada yang namanya update hasil penelitian dan jurnal lainnya,” ungkapnya. Prof. Musliar Kasim menambahkan bahwa program SINTA dari Dirjen Dikti ini diadakan karena pemahaman tentang jurnal dan update terbilang sulit selama ini.

“Sosialisasi jurnal SINTA untuk para dosen di Unbrah diharapkan dapat memudahkan mereka dalam mengirimkan hasil jurnalnya ke SINTA sebagai upaya publikasi dari penelitiannya,” pungkas Rektor Unbrah. Dengan adanya sistem ini, diharapkan para peneliti dapat dengan cepat, mudah, dan lengkap mengukur kinerjanya serta meningkatkan kontribusi publikasi penelitian di tingkat nasional.