Dosen Prodi Ilmu Politik pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UIN Jakarta, Achmad Ubaedillah MA Ph.D, telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Brunei Darussalam. Pelantikan dilakukan bersama dengan 11 duta besar LBBP lainnya di Istana Negara, Jakarta pada hari Senin ini (26/6/2023), seperti yang dilansir oleh laman uinjkt.ac.id.

Keputusan Presiden RI (Keppres) Nomor 51/P dan 55/P tahun 2023 menjadi dasar dari pelantikan ini, yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 14 Juni dan 23 Juni. Selain Ubaedillah, beberapa duta besar lain yang dilantik antara lain Teuku Faizasyah (Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Norwegia merangkap Republik Islandia), Michael Trias Kuncahyono (Dubes LBBP RI untuk Takhta Suci Vatikan), dan Ahmad Rizal Purnama (Dubes LBBP RI untuk Republik Turki).

Tak hanya itu, terdapat juga beberapa nama duta besar lain yang dilantik, seperti Arief (Dubes LBBP RI untuk Ukraina merangkap Republik Armenia dan Georgia), Santo Darmosumarto (Dubes LBBP RI untuk Kerajaan Kamboja), dan Grata Endah Werdaningtyas (Dubes LBBP RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos).

Lebih lanjut, terdapat I Gede Ngurah Swajaya (Dubes LBBP RI untuk Konfederasi Swiss merangkap Kepangeranan Liechtenstein), Dupito Dorma Simamora (Dubes LBBP RI untuk Republik Fiji merangkap Republik Kiribati, Republik Nauru dan Tuvalu), serta Meidyatama Suryodiningrat (Dubes LBBP RI untuk Rumania merangkap Moldova).

Selanjutnya, Ricky Suhendar (Dubes LBBP RI untuk Republik Peru merangkap Plurinasional Bolivia) dan Saud Purwanto Krisnawan (Dubes LBBP RI untuk Republik Afrika Selatan merangkap Republik Botswana, Kerajaan Lesotho, dan Kerajaan Eswatini, dan Southern African Development Community (SADC).

Dalam informasi yang diketahui, Achmad Ubaedillah merupakan seorang dosen Prodi Ilmu Politik yang mengajar berbagai mata kuliah di bidang politik. Sebagai lulusan program doktor dari University of Hawai, ia mengampu mata kuliah seperti Gerakan Politik, Gerakan Politik Islam Indonesia, Politik Timur Tengah, Islam dan Negara, Pancasila, dan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Rektor UIN Jakarta, Prof Asep Saepudin Jahar MA Ph.D, memberikan apresiasi positif terhadap penunjukan Ubaedillah sebagai duta besar dan berharap bahwa beliau dapat menjalankan tugas-tugas yang dipercayakan oleh negara dengan sebaik-baiknya. “Selamat. Kami mendoakan beliau selalu diberikan kelancaran dalam menjalankan tugas,” pungkasnya.