Pada bulan Juli 2023, dr. Fonda Oktariningsih Shariff, M.Kes, Sp.OG, seorang dosen berprestasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung, menjadi salah satu panelis dalam workshop dan diseminasi stunting yang diadakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) provinsi Lampung. Acara ini diadakan secara hybrid di Hotel Horison Lampung.

dr. Fonda Oktariningsih Shariff telah berhasil meraih hibah kerjasama penelitian yang bergengsi untuk menyediakan kajian mendalam tentang rekomendasi pencegahan stunting. Kerjasama ini melibatkan perguruan tinggi dalam menyusun bentuk ‘policy brief’ bersama BKKBN provinsi Lampung.

Proposal yang diajukan oleh dr. Fonda berkaitan dengan pencegahan stunting, khususnya dengan pemantauan nutrisi pada ibu hamil dengan mengikuti buku panduan 5I di wilayah kerja Puskesmas Kemiling, Bandar Lampung.

Pada acara yang berlangsung, juga dilakukan penandatanganan kontrak hibah proposal kerjasama penelitian. Kepala Perwakilan BKKBN provinsi Lampung, dr. Nurizky Permanajati, M.H., turut hadir dalam momen bersejarah tersebut.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat segera tercapainya tujuan pencegahan kasus stunting di Indonesia. Kolaborasi strategis dari berbagai pihak diharapkan dapat mewujudkan upaya bersama dalam menanggulangi stunting.

Partisipasi aktif dr. Fonda Oktariningsih Shariff dan Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati dalam kegiatan pencegahan stunting di Provinsi Lampung merupakan bentuk komitmen nyata mereka dalam memajukan kesehatan masyarakat.