Universitas Semarang (USM) mengadakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia yang dihelat di Halaman Depan Auditorium Ir Widjatmoko USM. Acara tersebut tidak hanya merayakan kemerdekaan negara, tetapi juga memberikan penghargaan kepada dosen-dosen yang telah berdedikasi dalam membimbing Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Upacara tersebut menjadi momen istimewa bagi lima dosen yang berhasil membimbing proposal mahasiswa hingga berhasil mendapatkan pendanaan.

Wakil Rektor III USM, Dr. Muhammad Junaidi SHI MH, mengungkapkan tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk memberikan apresiasi kepada dosen-dosen yang telah berjuang keras membimbing proposal mahasiswa hingga lolos didanai. “Kegiatan ini merupakan wujud penghargaan atas dedikasi mereka dalam mengembangkan kreativitas mahasiswa,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi dosen-dosen lainnya agar semakin meningkatkan kualitas bimbingannya. Dengan demikian, diharapkan akan ada lebih banyak proposal mahasiswa yang berhasil mendapatkan pendanaan. Dr. Muhammad Junaidi SHI MH berharap agar USM dapat terus melaksanakan kegiatan serupa setiap tahun, sehingga prestasi akademik universitas dapat terus meningkat.

Ada lima dosen yang menerima penghargaan dalam upacara tersebut:

  1. Dian Triyani SE MM dengan judul “Briket Arang Batang Jagung.”
  2. Prof Dr. Ir. Haslina MSi dengan judul “Pemberdayaan Kelompok PKK Desa Sonokulon melalui Pengolahan Limbah Kulit Pisang Menjadi Kripik Kulit Pisang yang Memiliki Nilai Jual.”
  3. Agus Edy Laksono SS M.Hum dengan judul “SHOBARIKANI (Shopping Bag dari Kain Goni) sebagai Pengganti Kantong Kresek dan Upaya Menerapkan Eco Lifestyle.”
  4. Harmini ST M.Eng yang berhasil mendanai proposal berjudul “Produk Sabun Antiseptik dari Olahan Kayu Secang Sebagai Upaya Mengobati dan Mencegah Pertumbuhan Jamur Pada Kulit.”
  5. Purwaningtyastuti SPSi MSi dengan judul “Upaya Peningkatan Kreativitas dan Keterampilan Motorik melalui Karya Seni Lukis pada Anak Usia Dini TK Islamadina Semarang.”

Penghargaan ini menjadi salah satu langkah universitas dalam mendukung pengembangan kreativitas mahasiswa serta mendorong dosen untuk terus berperan aktif dalam membimbing dan menginspirasi generasi muda.