Dosen dan mahasiswa dari Program Studi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan (UIN Gus Dur) baru-baru ini mengikuti Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Internasional di Malaysia. Kegiatan tersebut merupakan hasil kolaborasi antara UIN Gus Dur, IAIN Kudus, Studec International, dan Sanggar Bimbingan Kampung Baru.

Fokus dari PKM Internasional kali ini adalah memberikan penyuluhan di bidang sosial-humaniora, termasuk pendidikan, hukum, agama, sosial, dan ekonomi, kepada para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang menetap di Wisma Sabarudin, Kampung Baru, Kuala Lumpur, Malaysia.

Ketua Program Studi Akuntansi Syariah FEBI UIN Gus Dur, Ade Gunawan, M.M., menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal yang positif untuk menjalin kerjasama internasional dengan berbagai pihak. Ia juga menekankan pentingnya mengimplementasikan kegiatan konkret sebagai tindak lanjut dari PKM Internasional.

Tema yang diambil dalam kegiatan PKM ini adalah “Sosialisasi Penyusunan Pembukuan Rumah Tangga Sederhana.” Tema ini merupakan bagian dari topik Akuntansi Rumah Tangga dan Mata Kuliah Perencanaan Keuangan Syariah yang telah dipelajari oleh mahasiswa Program Studi Akuntansi Syariah.

Salah satu mahasiswa yang terlibat, Tri Khoiril Ikhlak, bersama dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya yang juga menjadi Volunteer Studec International, ikut melakukan kegiatan belajar sambil bermain bersama anak-anak PMI di Sanggar Bimbingan Kampung Baru. Tri menyampaikan pesan tentang rasa nasionalisme dan cinta tanah air kepada anak-anak tersebut, bahwa di manapun mereka berada, mereka harus tetap mencintai bangsa dan negara Indonesia.

Dalam kegiatan PKM Internasional ini, selain diadakan penyuluhan, juga terdapat kegiatan belajar-mengajar dan interaksi sosial yang membawa manfaat bagi PMI dan juga berkontribusi positif dalam mempererat hubungan antarlembaga pendidikan.