Pada hari Selasa, tanggal 25 Juli 2023, Dosen Fakultas Agama Islam (FAI) Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) telah sukses melaksanakan Program Karya Pengabdian Pada Masyarakat (PKPM) di Ranting Muhammadiyah Desa Sukasari, Kecamatan Pegajahan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat.

PKPM kali ini bertujuan untuk memberikan pembinaan moralitas remaja di Cabang Muhammadiyah Desa Sukasari. Tim pengabdian yang terdiri dari Dianto, M. Pd sebagai Ketua, Drs Mario Kasduri, MA sebagai anggota, dan Mahmud Yunus Daulay MA sebagai anggota, berharap kegiatan ini akan meningkatkan silaturahmi dengan masyarakat, terutama kader Muhammadiyah.

Menurut Dianto, selaku ketua tim pengabdian, kegiatan ini sangat produktif dalam memajukan organisasi Muhammadiyah di desa Sukasari. Fokus pembinaan moralitas remaja masjid ini diharapkan dapat membentuk generasi penerus bangsa yang berlandaskan Al Islam dan Muhammadiyah, sehingga moralitas remaja sesuai dengan ajaran Alquran dan As-sunnah.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh remaja masjid dari Desa Sukasari, Pengurus ranting Muhammadiyah Desa Sukasari, serta Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Serdang Bedagai, Jairan, S.Sos dan Kariman. Dianto menegaskan bahwa pembinaan moralitas, khususnya dalam hal akhlak, merupakan salah satu tujuan utama bagi para pendidik. Selain peran orang tua, para guru juga memiliki peran penting dalam memberikan arahan dan bimbingan yang baik kepada generasi muda.

Dalam penutupan kegiatan PKPM ini, Bapak Jairan, S. Sos selaku perwakilan Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Serdang Bedagai menyampaikan harapannya agar kegiatan ini dapat berlanjut di tahun-tahun mendatang.