Telkom University (Tel-U) telah mengadakan pelatihan digital preneurship khusus untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bandung. Pelatihan ini merupakan komitmen nyata Tel-U dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, terutama UMKM, pada semester genap Tahun Akademik 2023/2024.

Kegiatan ini melibatkan dosen-dosen dari dua program studi, yaitu D3 Manajemen Pemasaran dan D3 Perhotelan yang terdapat di Fakultas Ilmu Terapan Telkom University. Pelatihan digital ini mencakup berbagai tema, seperti Branding, Pemasaran, Keterampilan Penjualan, serta Layanan dan Distribusi.

Peserta pelatihan adalah UMKM yang tergabung dalam Perkumpulan Pengusaha Karsa Mandiri (PPKM) Kabupaten Bandung. Danny Syarif Hidayat, Ketua PPKM, mengungkapkan bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat bagi pelaku usaha mikro. Mereka dapat memahami target pasar dengan lebih baik, memberikan nilai tambah bagi konsumen, dan mendapatkan pencerahan dalam cara penjualan yang efektif, terutama di era digital saat ini. Danny berharap akan ada pelatihan lanjutan untuk terus meningkatkan keterampilan para pelaku usaha.

Sri Widaningsih, salah satu pemateri pelatihan, berharap agar di masa mendatang lebih banyak UMKM yang dapat menerima pelatihan melalui Program Abdimas ini. Dia menyatakan bahwa manfaat yang dirasakan tidak hanya oleh peserta pelatihan, tetapi juga oleh para akademisi yang dapat memperluas wawasan tentang kendala yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut.