Salaki Reynaldo Joshua, dosen aparatur sipil negara (ASN) yang tercatat sebagai ASN termuda di tahun 2019, telah memperoleh banyak prestasi di bidang pendidikan dan forensi. Pria kelahiran Manado, yang lahir pada 2 Oktober 1994, saat ini merupakan salah satu ASN di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sebagai dosen program studi Teknik Informatika di Universitas Sam Ratulangi, Joshua sudah mempublikasikan berbagai jurnal nasional di Science and Technology Index Kemendikbud. Ia meraih predikat cum laude ketika menempuh pendidikan S1 di jurusan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Universitas Negeri Manado pada tahun 2012-2016. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S2 di Staffordshire University dengan jurusan Information Technology Management pada tahun 2017-2018.

Pada tahun 2022 hingga saat ini, Joshua melanjutkan pendidikan S3 Electronics, Information and Communication Engineering di Kangwon National University. Tidak hanya itu, ia juga menulis buku berjudul Dari Mahasiswa Untuk Indonesia Berprestasi dari penerbit SAGA pada tahun 2015.

Joshua juga mengejar berbagai kesempatan sebagai speaker dalam berbagai ajang bergengsi di dalam dan luar negeri. Beberapa ajang tersebut antara lain International Conference on Mathematics, Natural Sciences and Education, Indonesia, Conference on Electrical Engineering, Informatics, and Its Education, Indonesia, International Conference on Innovation in Engineering and Vocational Education, Indonesia, National Seminar on Information and Communication Technology, Indonesia, dan 7th International Conference on Psychology, Language, and Teaching di Singapura.

Lalu, ia juga menjadi pemateri dalam International Conference on Education di Malaysia, International Conference on Electrical, Electronic and Information Engineering, Indonesia, World Conference on Information Systems and Technologies di Italy, National TV Program Tamu Kita, TVRI, Indonesia, Startup Weekend by Google, IT Week, Manado Independent School, dan Industri 4.0 dalam pendidikan Manado, Indonesia. Pada tahun 2020 hingga 2021, Joshua menjadi Key Opinion Leader, dan menjadi Best Research Presenter pada International Conference on Vocational Innovation and Applied Sciences (ICVIAS).

Dia juga meraih prestasi Best Research Team pada Nasional Conference of Artificial Intelligence, dan pada tahun 2023 menulis buku Adoption Framework In The Development Of Data Warehouse For Business Intelligence System.

Dari profilnya, dapat diketahui bahwa Joshua dilahirkan dari orang tua yang sama-sama berprestasi. Johny S. W. Salaki, S.Sos, sang ayah, turut mengabdi bagi negara sebagai ASN di Provinsi Sulawesi Utara, sementara sang ibu, Prof. Dr. Dra. Tini Mogea, M.Hum, adalah Guru Besar Bidang Planning on ELT di Universitas Negeri Manado dan PNS di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Salaki Reynaldo Joshua selalu mengutamakan bahwa menjadi seorang pelajar dan mendapatkan pengetahuan untuk mengetahui bahwa dirinya masih bisa diajari, karena di dalam kehidupan tidak selalu benar.