Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) merayakan prestasi dosen dan mahasiswa dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Award yang digelar di kampus utama pada Kamis malam. Acara dihadiri ratusan undangan, termasuk pimpinan universitas, civitas akademika, dan mahasiswa yang aktif mengikuti program KKN.

Dalam sambutannya, Rektor UMRI, Dr. Saidul Amin MA, mengungkapkan apresiasinya terhadap LPPM UMRI yang memberikan penghargaan kepada dosen dan mahasiswa. Menurutnya, ini menjadi pendorong bagi mereka untuk terus berinovasi. Dr. Saidul Amin juga setuju dengan pernyataan Ketua LPPM, Dr. Aidil Haris S.Sos, MSi, yang menyoroti beragam inovasi KKN dari tahun ke tahun. Rektor berharap agar Aidil dapat mempelajari model-model KKN terkini.

Dalam suasana penuh kebahagiaan, Dr. Saidul Amin berharap UMRI dapat melibatkan mahasiswa dalam KKN di negara-negara yang menggunakan bahasa asing atau bahasa setempat. Ia menekankan pentingnya mahasiswa menguasai bahasa asing, khususnya bahasa Inggris, sebagai persiapan menghadapi tantangan di era 5.0.

Rektor juga mencatat beberapa tantangan yang dihadapi mahasiswa dalam era ini, di mana beberapa pekerjaan manusia telah digantikan oleh teknologi modern. Ia mendorong mahasiswa untuk menggali potensi mereka agar bisa bersaing dalam kehidupan yang semakin kompetitif.

Dalam laporan Ketua LPPM UMRI, Dr. Aidil Haris S.Sos, M.Si, menyampaikan selamat kepada mahasiswa yang berhasil menyelesaikan KKN selama 40 hari. Ia menyebut pengalaman mereka di Malaysia dan Sumatera Barat sebagai pembelajaran berharga. Aidil Haris menegaskan bahwa KKN Award adalah bentuk dukungan untuk terus giat dalam penelitian dan pengabdian.

Kegiatan KKN Award UMRI tahun 2023 juga memberikan penghargaan kepada dosen berprestasi. Penghargaan tertinggi dalam bidang riset Sinta Skor diberikan kepada Zul Azmi, Jufrizal Syahri, dan Harun Mukhtar. Penghargaan juga diberikan untuk produktivitas publikasi internasional dan publikasi nasional kepada beberapa dosen berprestasi. Selamat kepada para penerima penghargaan!