Pelajar SMK Negeri 1 Tengaran, bersama dengan tim Dosen Teknik Elektro USM, aktif dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berlangsung pada Selasa (16/5). Di bawah kepemimpinan Yusuf Nurul Hilal, S.T., M.T., kegiatan tersebut melibatkan beberapa anggota tim dan bantuan dari dua mahasiswa. Mereka semua berkolaborasi untuk mengajarkan pentingnya Battery Management System (BMS) dan penggunaan baterai lithium dalam perangkat elektronik modern.

Dalam kegiatan tersebut, para pelajar mendapatkan materi pembelajaran, sesi tanya jawab, serta melakukan percobaan di Ruang Seminar Sekolah dan di luar ruangan untuk memanfaatkan cahaya matahari. Proses pengisian baterai menggunakan panel surya yang mengubah energi matahari menjadi listrik.

Yusuf Nurul Hilal menjelaskan bahwa pemilihan tema BMS dan baterai lithium didasarkan pada pertumbuhan penggunaan baterai ini pada perangkat seperti handphone, mobil dan motor listrik, lampu darurat, dan lainnya. Dalam era perkembangan teknologi elektronik yang pesat, Yusuf berharap agar masyarakat tidak tertinggal dan tetap memahami konsep-konsep terkini.

Dalam penggunaan baterai lithium, perangkat tambahan yang disebut BMS menjadi penting. BMS berfungsi untuk menjaga kinerja baterai agar seimbang saat diisi ulang maupun digunakan. Selain itu, BMS juga memiliki keunggulan lain, seperti mencegah arus berlebih, tegangan berlebih, dan overheat.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi salah satu tugas penting bagi dosen, selain mengajar dan melakukan penelitian. Dalam hal ini, tim Dosen Teknik Elektro USM berperan aktif dalam membantu pelajar SMK Negeri 1 Tengaran memahami dan mengatasi tantangan perkembangan penggunaan baterai lithium pada perangkat elektronik modern.