Dalam gelaran Anugerah DIKTIRistek 2023, Dr. Harapan, DTM&H., M.Infect.Dis. Ph.D, seorang dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala (USK), berhasil memenangkan Golden Winner untuk kategori Dosen Berprestasi (SINTA Award) terbaik nasional. Penghargaan ini diperoleh dalam subkategori Dosen Berprestasi Usia di bawah 40 Tahun dengan SINTA Skor Tertinggi periode 2020-2022. Seremoni penghargaan berlangsung di Sheraton Grand Jakarta Gandaria City Hotel.

Dr. Harapan telah melibatkan diri dalam publikasi ilmiah dengan 50 jurnal internasional, serta menjadi reviewer di beberapa jurnal ternama di dunia. Gelar Master in Infectious Diseases (M.Infect.Dis) dan PhD-nya dari School of Biomedical Sciences, The University of Western Australia, memfokuskan pada epidemiologi molekuler dan investigasi kesehatan masyarakat terhadap arbovirus utama di Indonesia.

Prestasi luar biasa Dr. Harapan tidak hanya tercermin dalam jumlah publikasinya, tetapi juga dalam pencapaian seperti masuknya nama Dr. Harapan, Prof. Dr. Mudatsir, M. Kes, dan Prof. Dr. Muchlisin Z.A, S.Pi, M.Sc dalam jajaran peneliti paling berpengaruh di Indonesia versi Universitas Stanford.

Rektor USK, Prof. Dr. Ir. Marwan, turut menyampaikan selamat atas prestasi yang diraih Dr. Harapan. Beliau menyoroti kontribusi penting dalam dunia kesehatan dan pengembangan ilmu pengetahuan yang telah dilakukan oleh Dr. Harapan. Rektor menilai prestasi ini sebagai bukti nyata bahwa keilmuan peneliti USK terus berkembang dengan baik, meningkatkan reputasi keilmuan universitas.

Prestasi gemilang tidak hanya diraih oleh Dr. Harapan, tetapi juga oleh Universitas Syiah Kuala secara keseluruhan. Pada Anugerah DIKTIRistek 2023, USK meraih penghargaan Bronze Winner untuk kategori Satuan Kerja dengan Pelaporan PPDikti terbaik di Indonesia, menandakan dedikasi universitas dalam menjalankan tugasnya dengan optimal.