Universitas Citra Bangsa (UCB) melaksanakan salah satu bentuk Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan mengadakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di lima RT di Kelurahan Naikoten II Kota Kupang. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada Sabtu (1/7/2023), seperti yang diungkapkan oleh Ketua Panitia Kegiatan, Barbara Azalya Sarifudin.

PKM ini mengusung tema ‘Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pencegahan Stunting Melalui Sosialisasi dan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Berbasis Kelor’. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan pengetahuan tambahan kepada ibu-ibu terkait pencegahan stunting, termasuk pengertian, penyebab, ciri-ciri, cara mencegah stunting, dan manfaat daun kelor yang kaya akan zat gizi penting untuk ibu hamil, ibu menyusui, dan anak-anak dalam masa pertumbuhan. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) dalam bentuk sayur daun kelor dan bolu berbahan dasar kelor merupakan salah satu cara yang disarankan.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan status kesehatan secara umum di Indonesia, khususnya di NTT. Barbara Azalya Sarifudin berharap bahwa sosialisasi mengenai stunting dan PMT sayur daun kelor serta bolu berbahan dasar kelor ini dapat membantu anak-anak untuk terhindar dari stunting dan masalah kurang gizi.

Dalam kesempatan tersebut, Azalya juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam menyukseskan kegiatan PKM di Kelurahan Naikoten II Kota Kupang.