Prestasi Dosen Muda FTP Unud dalam Mengantarkan 9 Mahasiswa Menuju Kesuksesan

Keberhasilan seringkali merupakan hasil dari keyakinan, dedikasi, totalitas, dan konsistensi. Pepatah ini sepenuhnya mencerminkan perjalanan I Gede Arie Mahendra Putra, seorang dosen muda di Universitas Udayana (Unud), yang berhasil membimbing mahasiswanya menuju prestasi gemilang di bidang akademis.

Di bawah bimbingan I Gede Arie Mahendra Putra, mahasiswanya meraih Silver Medal dan Bronze Medal dalam Innovation and Research Poster Competition (IRPOCO) 2023, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa The Innovator Generation (THIGA), sebagai bagian dari MNNF Network. Keberhasilan ini terjadi pada bulan September 2023 lalu. Selain itu, mereka juga meraih Juara I dalam kompetisi Nasional Bussiness Model Canvas.

Dua tim mahasiswa Program Studi Teknologi Pangan, yang terdiri dari Made Dita Devani, Ida Ayu Tisna Wahyuniari, dan Putu Wedananta Darma Wiguna, berhasil meraih Silver Medal dengan topik “Characteristics of Cardamom Ice Cream with the Ratio of Cardamom Powder and Dragon Fruit Peel Powder.” Sementara tim lainnya, yang terdiri dari Putu Cempaka Sekarhita, I Gusti Agung Bulan Mutiara Dewi, dan Kunti Dewi Dhasi Aryawan, meraih Bronze Medal dengan poster bertemakan “Characteristics of Siamase Orange Fruit Leather with Zero Waste Concept and the Potential as Functional Food” dalam ajang IRPOCO 2023 di bidang Sciences.

Tak hanya itu, dalam kompetisi tingkat nasional, mahasiswa yang terdiri dari Gusti Ayu Adindari Suarasmara dan Gede Agung Artha Deva Jayadhi juga memberikan kontribusi berharga dengan meraih prestasi yang mengangkat nama baik Universitas Udayana.

Sedangkan mahasiswa lainnya, yaitu Narayana dan Kadek Ramana Sathya Pavana Wijaya, meraih Juara I dalam kompetisi Bussines Model Canvas yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Manajemen Bisnis Universitas Sebelas Maret dalam acara Bussiness Fest pada bulan Oktober 2023.

Sebelumnya, mahasiswa yang dibimbing oleh I Gede Arie Mahendra Putra, S.TP., M.TP., telah meraih sejumlah prestasi, termasuk medali Emas dalam lomba Teknologi Pengolahan Pangan dan Pertanian pada Lomba Karya Tulis Mahasiswa Tingkat Nasional (LKTIN) Universitas Brawijaya, Juara 3 dalam lomba internasional Agritech Video Competition (Agrivition) 2023, dan Juara II dalam Lomba Essay Nasional dengan judul “Agrixplotion,” yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS).

Dosen yang akrab disapa Arie menyatakan rasa bangganya atas prestasi gemilang yang diraih oleh mahasiswanya yang telah dibimbing. Ia berkomitmen untuk terus memberikan bimbingan yang maksimal demi peningkatan prestasi akademik dan non-akademik mahasiswa FTP, khususnya Program Studi Teknologi Pangan.

“Kami akan terus membimbing mahasiswa agar mereka dapat bersaing di tingkat nasional maupun internasional,” ungkapnya dengan semangat.