Dosen Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru (IKES PN) melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) bertemakan “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penerapan Iptek dalam Pemanfaatan Tanaman Kemangi dalam Upaya Penanganan Hipertensi” di Puskesmas Karya Wanita, Kelurahan Lembah Damai Rumbai, Kamis (5/10). Kegiatan ini dilaksanakan Tim PKM dosen IKES PN diketuai Veni Dayu Putri MSi dengan anggota Ns Rizka Febrina MKep SpKep MB, Rahmi Pramulia Fitri MKes, Kepala Puskesmas Karya Wanita dr Elizabeth Dewi Agustine MARS, mahasiswa, masyarakat, dan kader sadar hipertensi yang telah dilantik sebelumnya, serta berkolaborasi dengan mitra dari Puskesmas Karya Wanita Rumbai.

Tim PKM melakukan edukasi dan pelatihan tentang pemanfaatan daun kemangi menjadi pangan olahan yang memiliki efek terapi pada upaya mengontrol tekanan darah pada penderita hipertensi. Hal ini sudah terlebih dahulu dilakukan uji pada kelompok masyarakat yang memiliki karakteristik yang sama dan dinilai efektif. Ketua Tim PKM Veni Dayu Putri MSi mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi dari hibah Kemdikbudristek 2023 pada skema pemberdayaan kemitraan masyarakat. Dipilihnya Kelurahan Lembah Damai didasari hasil riset terdahulu yang telah dilakukan di lokasi ini yang menunjukkan angka kejadian dan risiko hipertensi cukup tinggi serta kegiatan penanggulangan yang belum menyentuh ranah kognitif sehingga masyarakat belum begitu paham terhadap pencegahan penyakit maupun upaya promotif dalam penanganannya. Kegiatan ini dimulai dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) bersama tim Puskesmas Karya Wanita dan ditetapkan beberapa program yang akan dilaksanakan.

Selanjutnya dilakukan sosialisasi pada masyarakat mengenai hipertensi yang diberikan Kepala Puskesmas Karya Wanita dr Elizabeth Dewi Agustine MARS sekaligus pembentukan tiga orang Kader Sadar Hipertensi yang ditetapkan melalui SK Nomor 51 Tahun 2023 tentang Penetapan Kader Kelompok Masyarakat Sadar Hipertensi UPT Puskesmas Karya Wanita Kota Pekanbaru. Kepala Puskesmas Karya Wanita Rumbai dr Elizabeth Dewi Agustine MARS menjelaskan, pada kegiatan ini dilakukan pengukuran tekanan darah, serta pemberian edukasi dan pelatihan cara pembuatan jeli kemangi.