Keenam dosen dari IAIN Langsa, yaitu Dr. Lathifah Hanum, S. Pd., MA., Dr. Yenny Suzana, M. Pd., Siti Habsari Pratiwi, M. Pd., Masdalifah Sembiring, MA., Cut Intan Meutia, MA, dan Anwar, M. Kom.I, telah berperan aktif dalam kegiatan pengabdian internasional di Kuala Lumpur.

Pengabdian ini dilakukan dengan tujuan utama meningkatkan kapasitas dan persiapan kemandirian Pekerja Migran Indonesia (PMI). Selain sebagai bagian dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, kegiatan ini juga merupakan kelanjutan dari pengabdian daring sejak bulan September. Fokusnya adalah memberikan pendampingan kepada PMI yang sedang dalam pembinaan KBRI Indonesia.

Dalam kegiatan ini, Dr. Lathifah Hanum, MA, dan Siti Habsari Pratiwi, M. Pd, memberikan materi yang bermanfaat untuk pengayaan pengetahuan dan kompetensi para migran yang sedang menunggu pemulangan. Selain itu, empat dosen lainnya, yaitu Dr. Yenny Suzana, Cut Intan Meutia, MA, Anwar, M.Kom.I, dan Masdalifah Sembiring, MA, melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) langsung dengan para migran. Dalam sesi FGD ini, para migran berbagi pengalaman pahit dan kesedihan yang mereka alami sebelum diselamatkan oleh KBRI.

Ketua Program Pengabdian, Anwar, M. Kom.I, pada Selasa (12/12), menyampaikan bahwa kondisi para migran sebagai pahlawan devisa sangat menyentuh rasa kemanusiaan. Bekerja di luar negeri dengan harapan mengubah nasib, sayangnya, seringkali berujung pada nasib buruk dan trauma mendalam.

Pada sesi penutupan, Atasan Pendidikan KBRI Prof. Dr. Muhammad Firdaus, SP., M.Si., menyambut baik kegiatan pengabdian ini. Beliau berharap agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut dan menginginkan pengabdian masyarakat dilakukan secara luring, bukan hanya daring. Hal ini diharapkan dapat memberikan dukungan emosional bagi para migran yang mengalami kesulitan di negeri rantau.

Sebagai penutup, perwakilan migran mengungkapkan rasa terima kasih dan mengatakan bahwa kehadiran para dosen telah menjadi hiburan dan penyemangat dalam mengatasi kesulitan mereka.

Secara terpisah, Rektor IAIN Langsa Prof. Dr. Ismail Fahmi Arrauf Nasution, MA, memberikan dukungan dan apresiasi terhadap kegiatan ini. Beliau berharap agar IAIN Langsa terus mengembangkan diri melalui kegiatan-kegiatan serupa, melibatkan seluruh elemen kampus, dan menuju cita-cita menjadi perguruan tinggi unggul.