Sebanyak 12 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Tagung Surabaya (Untag Surabaya) telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema “Pemberdayaan Wanita Era Ekonomi Kreatif Binaan UKM Batik Serasi” di Kelurahan Dukuh Sutorejo, Kecamatan Mulyorejo, Surabaya pada tahun 2023.

Para dosen yang terlibat dalam kegiatan tersebut berasal dari tiga program studi di FEB, yaitu Akuntansi, Manajemen, dan Ekonomi Pembangunan. Mereka adalah Parikesit Penangsang, Adiati Trihastuti, Sigit Santoso, Erwin Dyah Astawinetu, Istiono, Dewi Sutjahyani, Pramita Studiviany S, Yulyar Kartika Wijayanti, Titiek Rachmawati, Sri Rahayuningsih, Dyah Rini Prihastuti, dan Hwihanus. Dalam pelaksanaan kegiatan ini, mereka juga dibantu oleh mahasiswa dari masing-masing program studi.

Konsep ekonomi kreatif sangat penting untuk diterapkan dalam masyarakat, terutama melalui pemberdayaan wanita. Di Kelurahan Dukuh Sutorejo, program ini difokuskan pada Pemberdayaan Wanita PKK RW 1-4 dengan kerjasama UKM Batik Serasi. Para wanita yang terlibat dalam program ini mendapatkan pelatihan dalam bidang sulam pita dan batik sibori. Ekonomi kreatif merupakan suatu proses ekonomi yang melibatkan produksi dan distribusi barang atau jasa yang membutuhkan gagasan dan ide kreatif serta kemampuan intelektual.

Melalui kontribusi ekonomi kreatif dari UKM Batik Serasi, diharapkan dapat memberikan manfaat bagi ibu-ibu PKK RW 1-4 dan menginspirasi ide-ide kreatif di era digital. Wanita-wanita ini dapat menerapkan konsep ekonomi kreatif dalam kegiatan produksi dan distribusi barang atau jasa, serta memanfaatkannya dalam berbagai bisnis dalam jangka pendek maupun panjang. Konsep ekonomi kreatif ini diharapkan juga dapat meningkatkan kinerja UKM di era digital.