Fakultas Psikologi Universitas Pancasila dan Penerbit Erlangga telah melakukan kerja sama untuk memfasilitasi dosen UP menjadi penulis buku Erlangga. Ini akan memberikan manfaat berupa poin kepangkatan dan finansial bagi para dosen yang berpartisipasi dalam program ini. Menurut Dekan Fakultas Psikologi UP, Dr. Silverius Y. Soeharso, hanya sedikit dosen yang saat ini menjadikan menulis sebagai mata pencaharian. Oleh karena itu, ia berfokus pada pengembangan jiwa bisnis para dosen, sehingga buku yang mereka tulis dapat terjual di pasar.

Silverius menjelaskan bahwa saat ini ia telah menulis 13 buku, namun belum dipublikasikan oleh Erlangga. Dalam kerja sama ini, para dosen UP akan dilatih dalam menulis buku yang tepat dan ringkas, sehingga dapat menarik minat pembaca. Selain itu, program ini juga akan melibatkan mahasiswa UP melalui magang dan kegiatan seminar bersama.

Kacab Retail Penerbit Erlangga DKI Jakarta, Dian Ashuri Latif, mengungkapkan bahwa pelatihan penulisan buku akan diberikan oleh Chief Editor Penerbit Erlangga. Ia juga menyambut baik magang mahasiswa UP dan kegiatan seminar bersama, yang akan memberikan nilai SKS kepada mereka.

Dalam kerja sama ini, Silverius juga akan menulis buku ke-14 tentang Psikologi Politik dan buku ke-15 tentang Psikologi Korupsi, yang membahas tentang perilaku korupsi di Indonesia. Ia berharap bahwa dengan kerja sama ini, para dosen dan mahasiswa UP dapat meningkatkan kemampuan menulis dan memperoleh manfaat finansial dari hasil penjualan buku.

Secara keseluruhan, kerja sama antara Fakultas Psikologi UP dan Penerbit Erlangga akan memberikan manfaat finansial dan pengalaman berharga bagi para dosen dan mahasiswa UP, serta membantu meningkatkan kualitas penulisan buku di Indonesia.