Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD) telah sukses menyelenggarakan workshop yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas publikasi dosen melalui strategi penulisan artikel jurnal ilmiah. Acara ini berlangsung di ruang sidang kampus 1 UMMAD pada Senin (20/11), dihadiri oleh seluruh dosen UMMAD. Prof. Dr. Achmad Nurmadi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) menjadi narasumber utama dalam workshop ini.

Dalam sambutannya, Achmad Nurmandi menekankan pentingnya menggunakan strategi penulisan artikel jurnal yang efektif, terutama dengan menciptakan artikel dalam bentuk review paper. Ia menyarankan para dosen untuk memanfaatkan akses Scopus guna mendapatkan artikel-artikel bereputasi sebagai landasan penelitian. Lebih lanjut, analisis artikel dapat dilakukan melalui metode Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses (Prisma).

Para peserta workshop diajak secara praktis untuk melakukan analisis menggunakan aplikasi VOSviewer, sebuah alat yang berguna untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan bibliometrik. Dengan VOSviewer, dosen dapat memetakan jurnal, peneliti, atau publikasi individu berdasarkan kutipan, visualisasi bibliografi, kutipan bersama, atau hubungan antar tulisan secara bersama-sama.

Achmad Nurmandi juga menyoroti kemampuan VOSviewer dalam penambangan teks, yang dapat digunakan untuk membangun dan memvisualisasikan jaringan atau alur pemetaan literasi dari berbagai sumber. “Pemanfaatan teknologi dalam penelitian dan publikasi merupakan hal yang penting bagi para dosen agar bisa menghasilkan publikasi berkualitas,” tambahnya. Workshop ini memberikan wawasan mendalam kepada para dosen UMMAD tentang strategi penulisan yang dapat meningkatkan visibilitas dan dampak publikasi mereka.