Dalam upaya meningkatkan motivasi perjuangan dan literasi perencanaan keuangan pada masyarakat Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Johor Bahru, Malaysia, tim dosen Prodi Akuntansi Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis dari Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dan mendapat hibah UPI Skema PPM Internasional tahun 2023.

Tim dosen yang terdiri dari Dr. Elis Mediawati, S.Pd., S.E., M.Si., Ak., CA, CFP sebagai ketua tim, serta anggota tim Mimin Widaningsih, S.Pd., M.Si., ChFi dan Badria Muntashofi, S.Pd., M.Si., CFP, melaksanakan PPM pada hari Minggu, 18 Juni 2023. Kegiatan ini berfokus pada pemaparan dan pelatihan penyusunan perencanaan keuangan dan dilaksanakan di Ahmad Dahlan Ballroom-KJRI Johor Bahru, Malaysia. Acara ini dihadiri oleh pelaksana fungsi Penerapan Sosial Budaya, Mohamad Rizali Noor, serta peserta yang terdiri dari mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Malaysia dan para Ibu penjahit.

Dalam kegiatan PPM ini, narasumber memberikan materi perencanaan keuangan yang meliputi pemahaman secara umum, pentingnya perencanaan keuangan, dan pelatihan membuat perencanaan keuangan. Para peserta yang hadir menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti pemaparan dan pelatihan yang diberikan oleh narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan kolaborasi dengan mitra di luar negeri, menjalin hubungan yang baik, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat PMI di Johor Bahru melalui peningkatan pengetahuan dalam perencanaan keuangan.