Rektor UIN Raden Intan II Lampung, Prof Wan Jamaluddin, telah mengeluarkan seruan kepada dosen dan mahasiswa di universitas tersebut untuk bersama-sama mengumpulkan donasi kemanusiaan sebagai tindakan tanggap terhadap dampak agresi Israel terhadap warga Gaza Palestina. Hal ini dilakukan dengan tujuan mengurangi penderitaan yang sedang dialami oleh penduduk Palestina.

Dalam acara Dies Natalis ke-55 yang diadakan di Kampus UIN RIL Sukarame, Bandar Lampung, pada Ahad (5/11/2023), Prof Wan Jamaluddin menyatakan, “Saya mengajak semua pihak untuk berdonasi sebagai bentuk empati terhadap rakyat Palestina yang saat ini sangat membutuhkan bantuan.”

Sejak dimulainya agresi Israel terhadap Palestina, sejumlah dosen dan mahasiswa dari UIN Raden Intan II Lampung sudah aktif dalam menggalang dana kemanusiaan untuk rakyat Palestina. Prof Wan Jamaluddin juga menekankan bahwa donasi ini akan ditingkatkan secara signifikan oleh seluruh sivitas akademika UIN RIL.

“Kita semua harus berperan aktif dalam membantu warga Palestina yang saat ini menjadi korban. Semua kita berharap agar konflik antara kedua belah pihak dapat segera berakhir,” tambah Wan Jamaluddin.

Rektor ini juga berharap agar seluruh anggota sivitas akademika UIN RIL memberikan doa terbaik mereka untuk rakyat Palestina yang tengah menderita akibat penyerangan Israel terhadap pemukiman penduduk. Tujuannya adalah untuk mendoakan agar Palestina bisa meraih kemerdekaannya dan bebas dari penjajahan.

Saat ini, dia menyarankan agar kedua belah pihak menghentikan peperangan karena dampaknya telah menimbulkan banyak korban, termasuk korban jiwa, luka-luka, baik di kalangan perempuan, anak-anak, maupun orang lanjut usia.

Di Kota Bandar Lampung, beberapa masjid juga telah mengambil inisiatif untuk menggalang donasi bagi rakyat Palestina yang telah menjadi korban agresi Israel selama hampir sebulan terakhir. Takmir masjid telah menyediakan kotak donasi khusus untuk Palestina, sehingga para jamaah dapat berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada rakyat Palestina.

Seorang jamaah masjid, Yahya, menyatakan, “Penyediaan kotak donasi ini bertujuan untuk mempermudah para jamaah dalam memberikan bantuan kepada Palestina.”