Program Studi Pendidikan Matematika di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Flores (Uniflor) atau Uniflor telah mengadakan kegiatan penyusunan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan pengajaran bersama dosen dan praktisi dalam Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Kemendikbud Ristek. Kegiatan ini berlangsung selama tujuh hari, dari tanggal 1 hingga 7 Juli 2023 di Aula FKIP Uniflor.

Natalia Peni, M.Pd, Ketua Panitia Kegiatan, menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk menyempurnakan RPS yang telah disusun oleh dosen pengampu mata kuliah bersama dengan dosen praktisi yang akan mengajar. Dalam kolaborasi ini, dosen dan praktisi menyusun RPS secara bersama-sama untuk menentukan materi yang cocok diajarkan kepada mahasiswa.

Kegiatan ini melibatkan lima mata kuliah, termasuk Etnomatematika Flores, Desain Pembelajaran Matematika, Matematika Ekonomi, Profesi Keguruan, dan Kewirausahaan. Setelah kegiatan PK-KM selesai, Prodi Pendidikan Matematika Uniflor berencana memperbarui RPS sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Hilaria Melania Mbagho, M.Pd, Ketua Prodi Pendidikan Matematika Uniflor, berharap mahasiswa dapat menerapkan RPS yang telah diperbaharui dalam semua proses pembelajaran di sekolah.

Wakil Dekan Bidang Akademik FKIP Uniflor, Alex Bala Gawen, M.Pd, menyampaikan pentingnya perencanaan pembelajaran yang berkualitas dalam menciptakan kualitas pembelajaran yang baik. Ia mengapresiasi Program Studi Pendidikan Matematika Uniflor atas program PK-KM yang diterimanya. Gawen berharap agar penyusunan RPS diikuti dengan baik oleh peserta agar kualitas pembelajaran di kelas dapat meningkat.