Dr. Asih Widi Wisudawati, seorang dosen dari Program Studi Pendidikan Kimia di Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan di UIN Sunan Kalijaga, berhasil mempresentasikan risetnya pada Kongres Ilmiah Tahunan yang menyatukan para ilmuwan dari berbagai negara. Agenda yang diselenggarakan oleh Penerbit Elsevier, bekerja sama dengan International Sustainable Chemistry Collaboration Centre dan Institute of Sustainable and Environment Chemistry di Universitas L√ľneburg, dilaksanakan di Dresden, Jerman pada 21-24 Mei 2023.

Dr. Wisudawati menyampaikan hasil risetnya yang terkait dengan perkembangan kurikulum Pendidikan Kimia dan kontribusinya dalam mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, terutama SDGs goal nomor 4, 13, dan 14. Makalahnya berjudul “System Thinking stimulation via understanding ocean acidification on sub-micro level: Potential sustainable chemistry practice for Indonesia” membahas pengembangan kurikulum Pendidikan Kimia bagi sekolah melalui pendekatan System Thinking sebagai salah satu indikator pelaksanaan Sustainable Chemistry di level sekolah.

Dr. Wisudawati juga berharap kehadirannya di forum ini mendukung kolaborasi riset dan pembelajaran pada level sekolah dan universitas di Indonesia. Selain itu, ia juga berharap dapat mengoptimalkan penggunaan peralatan laboratorium Phywe di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga.

Dalam acara yang dihadiri oleh delegasi dari 59 negara, Dr. Wisudawati berhasil terpilih sebagai salah satu perwakilan Indonesia untuk berpartisipasi dalam agenda ilmiah bergengsi ini. Menurutnya, kegiatan ini memberikan pengalaman yang sangat berharga dan membantu pengembangan Prodi Pendidikan Kimia di UIN Sunan Kalijaga, serta memperkuat kolaborasi riset dan pembelajaran di Indonesia.