Magelang, 10 Agustus 2023 – Prof. Dr. Dahlan Abdullah ASEAN Eng, seorang Dosen dan Ketua Jurusan Teknik Elektro dari Fakultas Teknik Universitas Malikussaleh, menjadi salah satu pembicara utama dalam Temu Nasional Forum Pendidikan Tinggi Teknik Elektro Indonesia (FORTEI) dan Seminar Nasional Teknik Elektro yang diadakan di Hotel Puri Asri, Magelang dari tanggal 9 hingga 10 Agustus 2023.

Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi antara FORTEI dan Universitas Tidar, diikuti oleh lebih dari 250 dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta dari seluruh penjuru Indonesia, mulai dari Provinsi Aceh hingga Papua.

Prof. Dahlan Abdullah, yang juga Ketua FORTEI periode sebelumnya, memberikan pandangan luas mengenai perkembangan Teknik Elektro dalam acara tersebut. Acara dibuka oleh Rektor Universitas Tidar dan diawali dengan kata sambutan oleh Dedet Candra Riawan, PhD, yang kini menjabat sebagai Ketua FORTEI untuk periode 2022-2024.

Para pembicara utama pada acara tersebut meliputi tokoh-tokoh penting dalam bidang energi dan teknik elektro, seperti Dr. Dadan Kusdiana dari Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE), Wiluyo Kusdwiharto sebagai Ketua Umum Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), Prof. Dr. Tumiran dari Universitas Gadjah Mada, serta Prof. Dr. Suyitno dari Universitas Tidar.

“Kami mengundang para pemateri untuk memaparkan tentang perkembangan serta tantangan Teknik Elektro masa kini dan yang akan datang,” ujar Prof. Dahlan.

Selain itu, dalam Temu Nasional tersebut, juga diadakan pemilihan calon tuan rumah musyawarah nasional FORTEI tahun 2024, dengan Universitas Udayana terpilih sebagai tuan rumah. Acara musyawarah nasional tersebut dijadwalkan akan diadakan di Prambanan Ball Room Hall 2 Hotel Puri Asri Kota Magelang.

Pada hari kedua kegiatan, berlanjut dengan berbagai workshop, termasuk workshop Akreditasi Internasional – IABEE yang dipandu oleh Prof. Dr. Misri Gizan dari PII dan Lam Teknik. Dedet Candra Riawan, PhD, juga menyampaikan paparan mengenai Program Kerja FORTEI Tahun 2022-2024. Selain itu, dilakukan juga penandatanganan perjanjian kerja sama dalam kegiatan publikasi ilmiah antara Pengelola Jurnal dengan FORTEI, yang dihadiri oleh 97 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta.

“Kegiatan ini memberikan manfaat yang besar, dengan peserta merasakan penyambutan dan layanan yang luar biasa dari panitia yang berasal dari Universitas Tidar. Musyawarah Nasional FORTEI tahun 2024 akan digelar di Universitas Udayana, Bali,” tambah Prof. Dahlan.