Dalam upaya meningkatkan kualitas peribadatan dan memperkenalkan teknologi multimedia interaktif kepada masyarakat, Dosen Politeknik Negeri Medan (Polmed) telah melaksanakan program pengabdian kemitraan di Gereja Batak Kristen Protestan (GBKP) Majelis Runggun Tanjung Raja, Kecamatan STM Hulu, Kabupaten Deliserdang. Gereja ini adalah tempat beribadah bagi warga di daerah tersebut, namun kegiatan ibadah yang dilaksanakan masih mengandalkan metode konvensional.

Pada Sabtu, 19 Agustus 2023, pukul 14.00, kegiatan pengabdian ini dimulai dengan kata pembuka dari Ketua Tim Pelaksana, Sinta Marito Siagian, S.Si., M.Si., yang menjelaskan pentingnya kerja sama antara pihak gereja dan Polmed. Tujuan utamanya adalah membantu memperkenalkan teknologi multimedia interaktif kepada jemaat, agar mereka dapat merasakan manfaat dari penggunaannya dalam peribadatan.

Sesi pelatihan dimulai dengan pemateri Samaria Chrisna H, S.T., M.T., yang memberikan panduan penggunaan aplikasi easyworship dan multimedia interaktif. Kegiatan pelatihan selama 3 jam ini diikuti dengan antusias oleh pemuda-pemudi gereja yang belum memiliki pengalaman menggunakan teknologi proyektor dan aplikasi easyworship sebelumnya.

Tata cara pembuatan proyek ibadah dengan aplikasi easyworship juga dijelaskan, termasuk penyajian lagu-lagu dan ayat-ayat Alkitab yang akan ditampilkan saat ibadah berlangsung. Tenaga kependidikan, Yessy Dea Silvia Saragih A.Md., turut berperan dalam persiapan dan pelaksanaan kegiatan ini, bekerja sama dengan mahasiswa Polmed.

Acara pelatihan selesai pada pukul 17.00 WIB dan diikuti oleh acara serah terima alat untuk inventaris gereja. Dalam acara tersebut, Polmed memberikan bantuan teknologi sebagai bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas ibadah di gereja. Ketua Pembinaan GBKP Majelis Runggun Tanjung Raja, Pt. Datten Karo Sekali, mengungkapkan rasa syukurnya atas adanya dukungan ini dan menyambut baik penggunaan teknologi dalam ibadah. Ia juga menekankan pentingnya menjaga komunikasi yang baik untuk mendukung penggunaan aplikasi easyworship di masa mendatang.