Pusat Layanan Tes Indonesia (PT PLTI) akan menyelenggarakan Tes Online English Proficiency (TOEP) dan Tes Potensi Dasar Akademik (TPDA) periode Juni 2023. Tes akan dilaksanakan di perguruan tinggi mitra PLTI yang bersedia menjadi pelaksana.

Pendaftaran peserta akan dibuka pada tanggal 1-6 Juni 2023 dan pembayaran dapat dilakukan mulai tanggal 1 Juni 2023 serta akan ditutup pada tanggal 6 Juni 2023 pukul 23.59 WIB. Pelaksanaan tes akan dilakukan pada tanggal 8-10 Juni 2023.

Tes ini dapat diikuti oleh peserta untuk sertifikasi dosen, seleksi beasiswa, syarat masuk perguruan tinggi, maupun informasi pribadi. Terdapat kuota tes terbatas dan peserta harus mendaftar di laman https://member.plti.co.id. Panduan pendaftaran, pemilihan lokasi tes, dan jadwal tes dapat dilihat pada link berikut https://plti.co.id/panduan-peserta.

Biaya pendaftaran TOEP dan TPDA sebesar Rp333.000,00 per jenis tes. Harga tersebut sudah termasuk Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 11%. Apabila peserta akan mengikuti 2 jenis tes, TOEP dan TPDA, maka peserta harus melakukan dua kali transaksi pembayaran dengan menggunakan 2 kod pembayaran yang berbeda.

Peserta yang sudah mendapatkan sesi tes diharapkan untuk segera melakukan pelunasan. Setiap metode pembayaran yang dipilih hanya berlaku selama 6 jam, namun jika metode pembayaran kadaluarsa, maka peserta dapat memilih metode pembayaran lain untuk memperpanjang masa pembayaran. Bagi calon peserta yang sesi tesnya belum dilunasi setelah 24 jam sejak pengambilan tes akan dihapus oleh PLTI sehingga kuota dapat dipilih kembali oleh peserta lain.

Persyaratan lain yang harus diperhatikan adalah peserta diharapkan untuk mengakses website PLTI (https://plti.co.id) dan website member (https://member.plti.co.id) secara berkala untuk mengetahui informasi terbaru. PLTI tidak mengeluarkan sertifikat fisik ke peserta, peserta akan mendownload file sertifikat dalam format PDF di laman member.plti.co.id setelah tes selesai.