Mataram, 16 November 2023 – Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram (Ummat) menyelenggarakan kuliah dosen tamu dengan tujuan memperkuat peran guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) dalam menghadapi kemajuan Artificial Intelligence (AI).

Acara yang diselenggarakan di Auditorium H. Anwar Ikraman Ummat ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen FAI Ummat, serta tamu undangan dari kalangan guru MI di sekitar Ummat. Dalam era saat ini, diungkapkan bahwa Artificial Intelligence telah menjadi alat yang mampu melaksanakan berbagai tugas, memberikan kemudahan kepada guru dalam merancang strategi pembelajaran.

Pada sesi kuliah dosen tamu, Nurliya Ni’matul Rohmah, M.Kom.I, Dosen Ummat, menjadi pemateri pertama. Ia membahas tentang peran guru cerdas di era AI, fokus pada bagaimana AI dapat merancang skema pembelajaran secara efisien, memberikan fleksibilitas yang lebih besar kepada guru.

Materi kedua disampaikan oleh Prof. Dr. Istiningsih, M.Pd., Dosen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, yang mengupas potensi dan dampak AI dalam dunia pendidikan. Istiningsih menjelaskan bahwa integrasi AI dalam pendidikan dapat menghasilkan berbagai potensi dan dampak positif.

Dosen IAIN Langsa Aceh, Suhelayanti, M.Pd.I., menjadi pemateri terakhir dengan materi berjudul ‘Mendobrak Kurikulum Merdeka Melalui AI.’ Kuliah dosen tamu ini diakhiri dengan sesi tanya jawab yang interaktif, memungkinkan peserta untuk berdiskusi dan bertanya kepada para pemateri.

Acara ditutup dengan sesi foto bersama, mencerminkan antusiasme dan semangat kolaboratif dalam menghadapi perkembangan teknologi di dunia pendidikan. Semua peserta diharapkan dapat meraih manfaat dari wawasan yang diberikan oleh para dosen tamu. (JEF/*)