Dalam upaya mempromosikan kecintaan terhadap seni budaya Indonesia, acara Pertukaran Mahasiswa Merdeka di Pentas Seni Jagatnatha dihadiri oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga, serta beberapa pejabat terkait. Mereka bergabung dalam menyanyikan Lagu Jempiring Putih, mengawali acara dengan Tari Penyambutan Sekar Jempiring, yang juga merupakan maskot Kota Denpasar.

Pentas Seni Jagatnatha ini menyuguhkan berbagai Tarian Nusantara seperti Tarian Khas Aceh, Tarian Khas Sumatera Utara, Tarian Khas Jawa, dan Tarian Khas Suku Minahasa. Selain itu, lagu-lagu nusantara turut menghiasi acara tersebut. Yang menarik, meskipun peserta pertukaran pelajar berasal dari luar Bali, mereka mahir dalam membawakan bahasa Bali dalam penampilan mereka, khususnya dalam menyanyikan Jempiring Putih.

Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, menggarisbawahi pentingnya pertukaran mahasiswa sebagai cara terbaik untuk memahami keberagaman budaya dan tradisi di Indonesia. Dia mencatat bahwa Indonesia adalah negara yang terdiri dari berbagai suku, agama, dan bahasa, dan seni adalah bahasa universal yang dapat menyatukan perbedaan.

Dosen Modul Nusantara dari Universitas Warmadewa, Dr. Agus Dharma Yoga Pratama, menjelaskan bahwa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka merupakan inisiatif Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI. Program ini memberikan mahasiswa kesempatan untuk berkegiatan di luar kampus dan mengembangkan potensi diri mereka. Universitas Warmadewa memilih untuk mengemas kegiatan ini dengan konsep kebhinekaan, menampilkan budaya nusantara.

Pertukaran mahasiswa merdeka ini melibatkan peserta dari 14 Provinsi di Indonesia, termasuk Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Sumatera Utara, Provinsi DI Yogyakarta, hingga Provinsi Sulawesi Tengah. Tujuannya adalah meningkatkan cinta terhadap kebudayaan dan keragaman nusantara, serta mendukung peningkatan kreativitas dan pengetahuan mahasiswa.

Menteri PPA RI, I Gusti Ayu Bintang Dharmawati Puspayoga, memberikan apresiasi tinggi terhadap Pelaksanaan Pentas Seni Jagatnatha ini. Ia berharap acara ini menjadi sumber inspirasi dalam mencintai keberagaman dan perbedaan. Bintang Puspayoga juga berharap bahwa kegiatan ini akan menginspirasi mahasiswa untuk belajar lebih banyak tentang seni, budaya, dan tradisi daerah lain, sehingga dapat mendukung kecintaan terhadap adat budaya se-nusantara.

Salah satu peserta pertukaran mahasiswa dari Universitas Malikussaleh, Nabila Lutfi, yang mengenakan Pakaian Adat Palembang, menyatakan kegembiraannya atas kelancaran acara ini. Ia mengungkapkan minatnya terhadap beragam materi yang ditampilkan dalam Modul Nusantara, dan berharap bahwa kegiatan ini akan memiliki dampak jangka panjang dalam mempromosikan keberagaman budaya Indonesia.