Padang, 21 Agustus 2023 – Universitas Islam Negeri (UIN) Mahmud Yunus Batusangkar telah meluncurkan program ambisius untuk meningkatkan kompetensi dosen pemula. Kegiatan Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula, yang berlangsung selama lebih dari 3 bulan, dimulai pada 14 Agustus dan akan berlangsung hingga 4 November 2023.

Program ini diikuti oleh 40 orang dosen dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta. Para peserta dipilih secara langsung oleh Dirjen Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI, mewakili institusi seperti UIN Mahmud Yunus Batusangkar, UIN Syech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Kopertais Wilayah VI Sumatera Barat, Kopertais Wilayah II Jawa Barat, dan Kopertais Wilayah VII Sumatera Selatan.

UIN Mahmud Yunus Batusangkar sendiri menyumbangkan 10 dosen untuk program ini. Dosen-dosen ini berasal dari berbagai bidang keilmuan, termasuk pasca sarjana, fakultas FTIK, FUAD, dan FEBI. Proses pelepasan resmi dilakukan oleh Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Prof. Dr. Marjoni Imamora, M.Sc, yang mengingatkan para dosen untuk menjaga nama baik institusi dan memberikan yang terbaik dalam kegiatan ini.

Dalam kurun waktu 200 jam pelajaran, program ini mengusung konsep In Service Course (ISC) I selama 48 jam. Para dosen pemula mendapatkan pelatihan intensif selama enam hari di Rocky Plaza Hotel Padang, dengan bimbingan dari Panitia Pelaksana yang berasal dari UIN Imam Bonjol Padang.

Tahap selanjutnya adalah On The Job Course (OJC) selama 140 jam pelajaran, di mana para peserta akan mendapat pendampingan dari dosen-dosen senior dalam merencanakan pembelajaran, mengembangkan media pembelajaran, dan mengeksplorasi konsep karya ilmiah. Tidak ketinggalan, In Service Course (ISC) II selama 16 jam juga digelar untuk mengulas hasil pembelajaran yang telah dicapai.

Riki Rikarno, M.Sn, salah satu dosen UIN Mahmud Yunus Batusangkar yang terlibat dalam program ini, berbagi kesan berharga dari PKDP Angkatan 1 Padang 2023. Riki menekankan bahwa program ini telah meningkatkan kapasitas profesional para dosen dalam menjalankan tugas tridharma perguruan tinggi. Peserta diberikan pemahaman tentang beragam hal, mulai dari kebijakan Kementerian Agama Republik Indonesia, perencanaan pembelajaran, model pembelajaran, hingga pembelajaran jarak jauh. Pelatihan juga mencakup aspek komunikasi dasar dalam pembelajaran, evaluasi pembelajaran, teknik penulisan karya ilmiah, dan moderasi beragama.

Kegiatan ini turut dimeriahkan oleh narasumber dan pelatih berkompeten yang ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, termasuk dosen-dosen serta Widyaiswara dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Padang.