Semarang, 27 Desember 2023 – Tim Pengabdian Masyarakat Fakultas Psikologi Universitas Semarang (USM) baru-baru ini menyelenggarakan pelatihan public speaking untuk anggota Karang Taruna Bangetayu Wetan di Balai Kelurahan Bangetayu Wetan, Kota Semarang. Dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara di depan umum, kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta yang antusias.

Tiga narasumber yang merupakan dosen Fakultas Psikologi USM, yaitu Adiprana Yogatama, S.S., M.Hum; M. Nanang Irawan B.S., M.Psi., Psikolog; dan Irwan Desyantoro, S.Psi., M.Psi., memberikan wawasan berharga kepada peserta. Ketua pelaksana, Adiprana Yogatama, S.S., M.Hum, menekankan pentingnya persiapan internal sebelum berbicara di depan umum untuk menghindari rasa panik.

“Mempersiapkan diri baik dari segi perasaan maupun penguasaan materi sangat penting. Ini akan membantu agar pembicara lebih percaya diri dan efektif dalam menyampaikan pesan,” ungkap Adiprana Yogatama.

Menambahkan, M. Nanang Irawan B.S. memberikan tips bahwa menjadi seorang pembicara memerlukan latihan agar terampil dalam berkomunikasi dengan baik dan jelas kepada audiens. “Berbicara di depan umum harus didasari oleh pengetahuan, informasi, dan ide yang matang. Latihan terus-menerus akan membantu membangun keahlian berkomunikasi,” tambahnya.

Irwan Desyantoro, S.Psi., M.Psi., memberikan perspektif tentang pentingnya komunikasi yang efektif dengan lawan bicara. “Komunikasi yang buruk dapat menimbulkan kesalahpahaman dalam menangkap materi yang disampaikan. Oleh karena itu, perhatikan cara berkomunikasi dengan baik agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas,” ujar Irwan Desyantoro.