Sebanyak delapan guru SDN 03 Kutabima Cilacap mengikuti program pelatihan Kampus Mengajar pada tanggal 2 Desember 2022 di sekolah tempat mereka mengajar. Pelatihan ini membahas tentang pembuatan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva. Suliswaningsih, M.Kom, seorang dosen Program Studi Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Amikom Purwokerto dan tiga mahasiswa peserta Kampus Mengajar 4 berperan sebagai pemateri. Mereka menyampaikan bahwa metode ceramah yang digunakan para guru dalam mengajar sudah baik, namun membuat siswa merasa bosan dan kurang tertarik untuk belajar. Melalui pelatihan Canva, diharapkan para guru dapat menyajikan materi lebih menarik dan inovatif, serta membuat siswa lebih antusias belajar.

Bapak Sarwadi, kepala sekolah SDN 03 Kutabima Cilacap, dan Ibu Eni, guru kelas 6 di SD tersebut berkesempatan memberikan komentar mengenai kegiatan pelatihan. “Pelatihan adaptasi teknologi memberikan dampak yang sangat positif, khususnya bagi guru di SDN 03 Kutabima Cilacap. Keterbatasan skill guru dalam menguasai teknologi sangat terbantu dengan adanya pelatihan tersebut. Sehingga guru dapat lebih kreatif menyajikan materi bagi siswa di kelas maupun di luar kelas,” ujar Bapak Sarwadi. Ibu Eni menambahkan, “Saya merasa senang dan antusias mengikuti pelatihan ini. Saya berharap dengan pelatihan ini saya dapat menjadi guru yang lebih kreatif dan inovatif dalam menyajikan materi di kelas.”

Canva merupakan aplikasi desain grafis yang populer di kalangan pelajar, mahasiswa, dan profesional. Aplikasi ini terbukti efektif dalam meningkatkan kualitas media pembelajaran digital yang menarik dan mudah digunakan bagi para guru dan siswa. Terdapat ribuan template desain grafis yang siap digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk poster, brosur, undangan, presentasi, sampai media pembelajaran. Salah satu keunggulannya adalah penggunaannya yang mudah serta integrasinya dengan berbagai macam platform digital seperti Google Drive dan Dropbox. Diharapkan, penggunaan Canva dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dan motivasi belajar siswa di SDN 03 Kutabima Cilacap.