Mudik Lebaran adalah sebuah tradisi yang kuat di Indonesia, khususnya bagi masyarakat Muslim. Meski menjadi momen yang ditunggu-tunggu, perjalanan jauh menuju kampung halaman bisa membuat tubuh lelah dan rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, seorang dosen dari Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) UM Surabaya, Ratna Agustin, memberikan lima tips untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima saat mudik Lebaran.

Menata Pola Makan Saat Berbuka dan Sahur

Ratna mengimbau masyarakat untuk menata pola makan dengan mengkonsumsi asupan gizi seimbang yang memenuhi 5 asupan penting, yaitu karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin dan mineral. Asupan gizi seimbang ini akan membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang baik sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan, sehingga imunitas tubuh bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, konsumsi cairan yang cukup juga penting untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

Rutin Melakukan Olahraga

Olahraga secara rutin dapat membantu tubuh tetap fit dan bugar. Namun, saat menjalankan puasa dan aktivitas fisik, sebaiknya menghindari intensitas olahraga yang berat karena dapat memicu dehidrasi. Sebaiknya melakukan olahraga dengan intensitas ringan seperti jalan santai, peregangan, dan lain sebagainya. Olahraga sebaiknya dilakukan sebelum sahur, sebelum berbuka, dan 1-2 jam setelah berbuka.

Tidur yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Sebelum mudik Lebaran, sebaiknya seseorang sudah cukup tidur dan istirahat dengan baik. Tidur pada malam hari dengan kuantitas sekitar 6-8 jam bagi orang dewasa akan lebih baik daripada tidur dengan kuantitas 10-12 jam pada siang hari. Jika akan mudik berangkat pagi, sebaiknya hindari bergadang atau tidur terlalu larut. Jika merasa lelah saat mengemudi di perjalanan, sebaiknya berhenti dan istirahat di jalan.

Perbanyak Konsumsi Vitamin

Vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Seseorang bisa mengonsumsi vitamin C yang didapatkan secara alami dari buah dan sayur. Namun, jika merasa butuh asupan lebih, seseorang juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

Sediakan Obat-Obatan Pribadi

Tidak ada salahnya jika seseorang menyiapkan obat-obatan selama perjalanan mudik Lebaran, terutama jika memiliki riwayat penyakit yang memerlukan penggunaan obat secara teratur. Membawa obat-obatan pribadi bisa membantu menghindari kondisi darurat yang dapat memperburuk kondisi tubuh saat mudik Lebaran.

Meskipun mudik Lebaran bisa menjadi momen yang menyenangkan, namun perjalanan jauh yang dilakukan bisa membuat tubuh menjadi rentan terhadap berbagai penyakit. Oleh karena itu, persiapan sejak dari hari-hari sebelumnya sangatlah penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan prima saat mudik Lebaran.

    Menjaga pola makan dengan mengkonsumsi asupan gizi seimbang adalah salah satu kunci utama dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat mudik Lebaran. Asupan gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat, protein, lemak, serat, vitamin, dan mineral akan membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, asupan cairan yang cukup juga penting untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

    Rutin melakukan olahraga juga dapat membantu menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat mudik Lebaran. Olahraga yang dilakukan secara teratur akan membantu tubuh tetap fit dan bugar. Namun, saat berpuasa dan aktivitas fisik, sebaiknya menghindari olahraga yang berat karena dapat memicu dehidrasi. Olahraga yang dilakukan sebaiknya dengan intensitas ringan seperti jalan santai, peregangan, dan lain sebagainya. Olahraga sebaiknya dilakukan sebelum sahur, sebelum berbuka, dan 1-2 jam setelah berbuka.

    Tidur yang cukup dan berkualitas juga sangat penting dalam menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat mudik Lebaran. Sebelum mudik, sebaiknya seseorang sudah cukup tidur dan istirahat dengan baik. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membantu menjaga daya tahan tubuh. Tidur pada malam hari dengan kuantitas sekitar 6-8 jam bagi orang dewasa akan lebih baik daripada tidur dengan kuantitas 10-12 jam pada siang hari. Jika akan mudik berangkat pagi, sebaiknya hindari bergadang atau tidur terlalu larut. Jika merasa lelah saat mengemudi di perjalanan, sebaiknya berhenti dan istirahat di jalan.

    Selain itu, perbanyak konsumsi vitamin juga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat saat mudik Lebaran. Vitamin sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Seseorang bisa mengonsumsi vitamin C yang didapatkan secara alami dari buah dan sayur. Namun, jika merasa butuh asupan lebih, seseorang juga bisa mengonsumsi suplemen tambahan.

    Terakhir, sebaiknya sediakan obat-obatan pribadi selama perjalanan mudik Lebaran. Hal ini sangat penting terutama bagi mereka yang memiliki riwayat penyakit yang memerlukan penggunaan obat secara teratur. Membawa obat-obatan pribadi bisa membantu menghindari kondisi darurat yang dapat memperburuk kondisi tubuh saat mudik Lebaran.