Pada hari Sabtu (tanggal), Desa Sambiroto menggelar acara penerjunan secara simbolis, yang dihadiri oleh seluruh peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan kepala desa beserta perangkat desa. Acara ini dipandu oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Abdul Hakim Prima, S.Si, M.Sc, dan berlangsung di aula balai desa Desa Sambiroto. Tujuan acara ini adalah untuk memperkenalkan para mahasiswa KKN dengan lingkungan desa serta memaparkan program kerja yang akan dijalankan selama satu bulan ke depan.

Desa Sambiroto, dengan mayoritas penduduknya yang berusia produktif hingga non-produktif, menunjukkan semangat kerja yang tinggi dalam upaya mengembangkan wilayah pedesaan menjadi maju dan efektif. Potensi wilayah ini terletak pada komoditas tanaman pangan seperti padi sawah, ketela/ubi jalar, serta komoditas buah-buahan seperti mangga dan rambutan.

Selain pertanian, masyarakat desa ini juga berkecimpung dalam berbagai usaha ternak, seperti ayam, sapi, kambing, dan budidaya lele. Dalam kegiatan sehari-hari, Desa Sambiroto juga aktif dengan beragam acara seperti Turnamen olahraga, kerja bakti, pendidikan anak usia dini (PAUD), TK, SD, kelompok pengajian, dan berbagai inisiatif lainnya yang menunjukkan keaktifan dan kreativitas masyarakat setempat.

Desa Sambiroto menjadi contoh desa maju dan berkembang berkat kerjasama erat antarwarga yang diorganisir oleh berbagai pihak yang berwenang, seperti Pengurus Takmir, Pengurus RW, Pengurus RT, Ibu-Ibu PKK, dan lainnya. Meski demikian, masih ada aspek kesejahteraan masyarakat yang perlu mendapat perhatian lebih. Oleh karena itu, kehadiran mahasiswa KKN di desa ini diharapkan dapat membantu dalam mengoptimalkan kegiatan dan program yang sudah ada.

Partisipasi mahasiswa di Desa Sambiroto juga diharapkan mampu membangun semangat etos kerja. Dengan semangat ini, para mahasiswa berupaya memberikan solusi untuk permasalahan yang ada dan berinovasi demi kemajuan Desa Sambiroto di era Revolusi 5.0 saat ini.