Pada tahun 2023, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Walisongo Semarang, dengan Program Studi Manajemen Dakwah (MD), membentuk Tim Penelitian Dosen untuk menggali dan mengkaji potensi Wisata Religi di berbagai daerah. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr. Hj. Siti Prihatiningtyas, M.Pd, beranggotakan Drs. H. Nurbini, M.Ag, Uswatun Niswah, S.Sos.I., M.S.I, dan Heri Nurhadi, M.MPar, fokus pada pengembangan Wisata Religi di Desa Wisata Tidar Dudan, Kota Magelang.

Guna memperkuat penelitian tersebut, tim peneliti dari MD FDK UIN Walisongo melakukan kunjungan ke Dinas Kepemudaan, Olahraga, dan Pariwisata (DISPORAPAR) Kota Magelang pada tanggal 25 Juli 2023. Ketua Tim Peneliti, Dr. Hj. Siti Prihatiningtyas, M.Pd, menyampaikan maksud kunjungan tersebut adalah untuk menjalin silaturrahim dan memajukan pengembangan Wisata Religi di Kota Magelang. Selain itu, tim juga berharap membuka peluang kerja sama yang berkesinambungan antara DISPORAPAR Kota Magelang dan Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Walisongo.

Sugeng, selaku Kabid Pariwisata, menyambut hangat tim peneliti dari FDK UIN Walisongo dan mendukung adanya kerja sama antara kedua pihak. Ia berharap adanya mahasiswa yang dapat ditempatkan untuk Praktek Pengalaman Lapangan di sana. Kerja sama yang berkelanjutan akan memberikan kontribusi bagi pengembangan Wisata Religi di Kota Magelang ke depan.

Tim peneliti MD FDK kemudian melakukan observasi di beberapa destinasi Wisata Religi di Kota Magelang, termasuk di Kawasan Wisata Gunung Tidar, Pondok Pesantren Tidar Dudan, dan Makam Kyai Dudo.