Universitas Kuningan (Uniku) telah meraih prestasi yang luar biasa di dunia seni digital pada pertengahan April 2023. Karya seorang dosen Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) program studi (Prodi) Desain Komunikasi Visual (DKV), Azhar Natsir Ahdiyat, telah dipamerkan di salah satu acara paling bergengsi dalam industri NFT, yaitu NFT NYC 2023. Karya ilustrasi NFT berjudul Triadic Essentials ini berhasil menarik perhatian pengunjung yang datang dari seluruh belahan dunia.

Konsep karya Triadic Essentials menyiratkan pesan bahwa struktur dan fungsi akal atau ruh manusia pada hakikatnya merupakan triadik, terdiri dari intelektual, kepekaan, dan kekuatan. Masing-masing komponen ini mengerahkan ego dan aktivitas moral. Karya ini telah terjual dalam bentuk NFT kepada seorang kolektor bernama Daniel Duarte melalui marketplace foundation.app. Kolektor tersebut turut mengizinkan dan mendukung karya tersebut pada pameran di NFT NYC 2023.

Karya Azhar dipamerkan bersama seniman dari berbagai benua dalam Community Artist Showcase, tepatnya di Artists Village, North Javits, Hudson Yards, New York, Amerika Serikat. Karya ilustrasi ini dipajang di Time Square & Hudson Yards, New York, dan berhasil menarik perhatian pengunjung dari seluruh dunia. Diharapkan, capaian ini bukan hanya memberi kebanggaan pribadi dan keluarga Azhar, tetapi juga meningkatkan citra yang baik bagi lembaga Prodi DKV, FKOM, maupun Uniku secara umum.

Rektor Uniku, H Dikdik Harjadi, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Azhar atas karyanya yang sukses dipamerkan di luar negeri. Uniku sangat bangga serta mengapresiasi dengan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Azhar atas karyanya yang berhasil dipamerkan di New York, Amerika Serikat. Hal ini merupakan capaian luar biasa yang tidak dapat dinilai oleh materi.

Prestasi keberhasilan karya salah satu dosen DKV FKOM, Azhar ini, diharapkan dapat memberikan motivasi bagi dosen-dosen Uniku lainnya. Dosen harus melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi karena merupakan kewajiban. Tetapi, berinovasi dan berkreatif sesuai bidangnya dengan melahirkan karya itu menjadi nilai lebih lagi bagi pengembangan dan penilaian kampus. Pihak Uniku yakin dan percaya, bahwa dosen-dosen di Uniku memiliki kualitas dan mampu bersaing.

Penghargaan yang diterima oleh Azhar Natsir Ahdiyat ini memperlihatkan bahwa dosen di Uniku mampu memberikan kontribusi yang berarti di dunia seni digital. Selain itu, penghargaan ini juga memperlihatkan bahwa Uniku memberikan dukungan dan kepercayaan kepada dosen-dosen mereka untuk berinovasi dan berkreatif sesuai bidangnya.

Azhar Natsir Ahdiyat, seorang dosen di Fakultas Ilmu Komputer (FKOM) program studi Desain Komunikasi Visual (DKV) di Universitas Kuningan (Uniku), berhasil mencatatkan prestasi luar biasa di kancah internasional. Karyanya yang berupa ilustrasi dalam bentuk Non-Fungible Token (NFT) yang berjudul Triadic Essentials, berhasil dipamerkan di gelaran konferensi NFT terbesar di dunia yaitu NFT NYC 2023.

Pameran tersebut berlangsung di Time Square & Hudson Yards, New York, Amerika Serikat pertengahan April 2023. Azhar mengungkapkan bahwa karyanya tersebut telah berhasil terjual dalam bentuk NFT kepada seorang kolektor bernama Daniel Duarte melalui marketplace foundation.app. Kolektor tersebut juga turut mengizinkan dan mendukung diikutsertakannya karya tersebut pada pameran di NFT NYC 2023.

Karya Azhar yang berhasil dipamerkan tersebut bersama dengan seniman dari berbagai benua dalam Community Artist Showcase, tepatnya di Artists Village, North Javits, Hudson Yards. Pengunjung dari berbagai belahan dunia turut memperhatikan karya tersebut yang menarik perhatian karena konsep dan maknanya yang mendalam.

Menurut Azhar, secara konsep karya ini menyiratkan pesan bahwa struktur dan fungsi akal atau ruh manusia pada hakikatnya merupakan triadik. Terdiri dari intelektual, kepekaan, dan kekuatan. Masing-masing mengerahkan ego dan aktivitas moral.

Keberhasilan Azhar dalam memamerkan karyanya di NFT NYC 2023 merupakan sebuah prestasi yang patut diapresiasi oleh pihak Universitas Kuningan (Uniku). Rektor Uniku, H Dikdik Harjadi, menyampaikan rasa bangga dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Azhar atas karyanya yang sukses dipamerkan di luar negeri.

Uniku sangat bangga serta mengapresiasi dengan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Azhar atas karyanya yang berhasil dipamerkan di New York, Amerika Serikat. Hal ini menjadi bukti nyata bahwa bukan hanya mahasiswa dan mahasiswi Uniku saja yang berprestasi, tetapi dosen pun dapat berprestasi dan bersaing dalam berbagai tingkatan baik level nasional maupun internasional.

Dikdik Harjadi berharap, dengan prestasi keberhasilan karya salah satu dosen DKV FKOM, Azhar, dapat memberikan motivasi bagi dosen-dosen Uniku lainnya. Dosen harus melakukan Tri Dharma Perguruan Tinggi karena merupakan kewajiban, tetapi berinovasi dan berkreatif sesuai bidangnya dengan melahirkan karya menjadi nilai lebih lagi bagi pengembangan dan penilaian kampus.

Pihak Uniku yakin dan percaya, bahwa dosen-dosen di Uniku memiliki kualitas dan mampu bersaing. Semoga prestasi Azhar memberikan semangat bagi dosen Uniku untuk terus berkarya dan berprestasi di masa yang akan datang.