Berita Terbaru: Dua Dosen UII Resmi Menyandang Gelar Profesor dalam Manajemen Keuangan dan Arsitektur

Universitas Islam Indonesia (UII) baru-baru ini merayakan pencapaian gemilang dengan penyerahan Surat Keputusan Kenaikan Jabatan Akademik Profesor kepada dua dosen terkemuka, Dr. Zaenal Arifin, M.Si, dan Dr.-Ing. Ir. Ilya Fadjar Maharika, M.A., IAI. Penyerahan SK ini berlangsung di Gedung Kuliah Umum Prof. dr. Sardjito pada Jumat, 6 Oktober 2023.

Mengikuti pemberian SK ini, Dr. Zaenal Arifin kini resmi menyandang gelar profesor dalam disiplin ilmu Manajemen Keuangan, sementara Dr. Ilya Fadjar Maharika resmi menjadi profesor dalam bidang Arsitektur.

Rektor UII, Profesor Fathul Wahid, menyampaikan apresiasi dan kebahagiaan keluarga besar UII atas prestasi gemilang kedua dosen tersebut. “Sampai hari ini, UII memiliki 37 profesor aktif yang merupakan produk dari institusi kita. Ini membuat proporsi dosen dengan jabatan akademik profesor mencapai 4,6 persen dari total 800 orang dosen,” ungkap Fathul Wahid dengan bangga.

UII saat ini memiliki sebanyak 258 orang dosen yang memiliki pendidikan doktor. Dari jumlah tersebut, 181 di antaranya telah mencapai jabatan akademik Lektor atau Lektor Kepala, dari total 800 orang dosen, yang terdiri dari 258 doktor dan 1 Spesialis-2, 39 Spesialis-1, dan 502 magister atau sederajat.

Profesor Zaenal Arifin adalah profesor ke-8 di Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII dan profesor ke-36 di Universitas Islam Indonesia secara keseluruhan. Beliau yang lahir di Pati, Jawa Tengah, pada 7 Agustus 1965, telah menjadi dosen tetap di Program Studi Manajemen Program Sarjana, Fakultas Bisnis dan Ekonomika UII sejak 1 Oktober 1988.

Perjalanan pendidikan Profesor Zaenal Arifin melibatkan gelar Doktor dalam bidang Ilmu Manajemen dari Universitas Indonesia pada tahun 2003, program Magister dalam bidang Ilmu Manajemen di Universitas Indonesia pada tahun 1993, dan gelar Sarjana dalam bidang Ilmu Manajemen Perusahaan dari Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta pada tahun 1987.

Selama beberapa tahun terakhir, Profesor Zaenal Arifin telah aktif dalam berbagai penelitian. Beberapa di antaranya mencakup penelitian mengenai Model Investasi Reksadana Syariah di Indonesia pada periode 2017-2020 dengan durasi penelitian selama 3 tahun. Penelitian lainnya adalah Uji Daya Tarik Pasar Modal Islami: Studi di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2015 dengan durasi penelitian selama 2 tahun. Pada tahun yang sama, beliau juga melakukan penelitian berjudul Orientasi dan Strategi Kewirausahaan Perusahaan Keluarga: Studi Eksplorasi pada Industri Penggilingan Padi pada periode 2013-2015 dengan durasi penelitian 2 tahun.