Universitas Jambi (UNJA) mengumumkan pengangkatan Prof. Urip Sulistiyo, S.Pd., M.Ed., Ph.D. sebagai Guru Besar terbaru dalam bidang pendidikan bahasa Inggris dan Sastra Inggris. Pengangkatan tersebut didasarkan pada Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 20135/M/07/2023 Tentang Kenaikan Jabatan Akademik/Fungsional Dosen yang dikeluarkan pada 31 Maret 2023.

Dalam pengumuman tersebut, UNJA menyatakan bahwa Prof. Urip Sulistiyo memenuhi syarat untuk diberikan kenaikan jabatan berdasarkan penetapan angka kredit yang mencapai 861. Beliau menamatkan pendidikan S1-nya sebagai alumni Pendidikan Bahasa Inggris UNJA pada tahun 1999. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan S2 di La Trobe University dan pendidikan S3 di RMIT University yang sama-sama berada di Melbourne Australia.

Saat ditemui di kantornya yang berlokasi di Kampus UNJA Telanaipura, Prof. Urip Sulistiyo menyampaikan ucapan terima kasih kepada Rektor UNJA beserta jajarannya, dan kepada Dekan FKIP beserta jajarannya yang telah mendukung proses pengurusan Guru Besar tersebut. Beliau juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada Ketua Prodi yang selama ini mengayomi dan membina beliau dalam menjalankan tugas sebagai Sekretaris Prodi Doktor Kependidikan.

Prof. Urip Sulistiyo mengakui bahwa ia bukan berasal dari keluarga dengan ekonomi yang mapan. Beliau mengungkapkan bahwa setiap hari ia selalu bangun subuh untuk membantu bapak dan ibunya pergi ke kebun karet sebelum berangkat ke sekolah. Hal tersebut menempa dirinya untuk hidup dengan ketekunan dan kegigihan.

Selain itu, Prof. Urip Sulistiyo juga memiliki beberapa prestasi yang telah dicapai selama membantu Prof. Ekawarna memimpin Prodi Doktor Kependidikan, salah satunya berhasil meraih status akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan akhir tahun 2022. Menurutnya, tahun 2023 merupakan awal perjalanan karir yang baru di dunia pendidikan.

Setelah pengangkatan sebagai Guru Besar, Prof. Urip Sulistiyo berencana untuk mengeksekusi banyak agenda yang telah direncanakan sebelumnya. Beliau berencana untuk membuat konten edukasi seputar kehidupan kampus di YouTube-nya dan menjadi narsum di beberapa kegiatan eksternal kampus, sambil tetap menulis dan melakukan publikasi di jurnal internasional seperti biasa dengan kolaborasi kolega dan banyak pihak.

Terkait dengan riset yang ditekuninya selama ini, Prof. Urip Sulistiyo memiliki topik khusus yang menjadi perhatian beliau dalam melakukan penelitian. Topik yang diangkat menyoal Academic Writing Skill bagi dosen dan mahasiswa. Menurutnya, keahlian menulis artikel ilmiah dan tingkat publikasi khususnya pada jurnal internasional masih perlu untuk diberi perhatian khusus. Hal inilah yang membuat beliau sering diundang dalam kegiatan workshop dan coaching clinic penulisan artikel ilmiah maupun publikasi di tiap kampus.

UNJA juga melakukan pengukuhan sebanyak 10 Guru Besar pada awal 2023 yang SK-nya telah diterbitkan pada tahun sebelumnya dan menjadikan jumlah Guru Besar di UNJA sebanyak 45 orang. Selain itu, Universitas Jambi juga telah memiliki Guru Besar baru yaitu Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Drs. Kamid, M.Si.

Pengumuman tersebut menunjukkan bahwa UNJA terus mendorong kesuksesan akademik dan peningkatan kualitas pengajaran di kampus. Dalam hal ini, pengangkatan Prof. Urip Sulistiyo sebagai Guru Besar terbaru dan pengukuhan 10 Guru Besar lainnya menunjukkan bahwa UNJA terus berusaha untuk meningkatkan kualitas tenaga pengajar di kampusnya. Selamat kepada Prof. Urip Sulistiyo dan seluruh Guru Besar UNJA yang telah berhasil mengukir prestasi di bidang akademik.