Dalam upaya memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dosen dari Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha) telah melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dengan cara yang istimewa. Kali ini, mereka mempercantik Masjid At-Taqwa di Desa Panton Pawoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat, Kabupaten Aceh Selatan, melalui kegiatan pengecatan yang berlangsung selama 2 hari, yakni pada tanggal 25-26 November 2023.

Rektor Unmuha, Dr. Aslam Nur MA, turut serta dalam kegiatan ini bersama Dekan Fakultas Ekonomi, Drs. Tarmizi Gadeng, SE. MSi, M.M, dan ketua pelaksana kegiatan, Zulkifli Umar, S.E. M.SI,Ak. Para dosen Unmuha juga turut berpartisipasi aktif dalam acara ini. Di pihak Masjid At-Taqwa, hadir bapak Armis Umar dan ustad Fauzan Basri sebagai perwakilan dari desa, serta warga masyarakat Panton Pawoh.

Kegiatan dimulai dengan tausiah ba’da subuh oleh Dekan Fakultas Vokasi Unmuha, Dr. Aliamin, SE. M.Si AK, yang membahas tentang keberkahan, bersyukur kepada Allah SWT atas rezki, dan hasil alam yang diberikan kepada umatnya.

Rektor Unmuha, dalam sambutannya, menyampaikan rasa terima kasih kepada BKM Mesjid At-Taqwa Panton Pawoh beserta masyarakat yang menerima rombongan dosen Unmuha dalam kegiatan bakti sosial ini. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Miswar Basri yang telah memfasilitasi kegiatan ini agar dapat terlaksana sesuai jadwal yang telah ditetapkan beberapa bulan lalu.

Ketua pelaksana kegiatan, Zulkifli Umar, SE, M.Si, Ak, juga menyampaikan bahwa selama kegiatan ini, uang tunai sebesar Rp. 4 juta diserahkan kepada pihak masjid. Dana tersebut merupakan sumbangan dari dosen Unmuha dan akan digunakan untuk pembelian keperluan terkait peremajaan masjid.

Pengelola masjid, Armis Umar, mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada civitas akademika Universitas Muhammadiyah Aceh beserta seluruh rombongan. Dia berharap agar Unmuha dapat melibatkan diri dalam kegiatan lain di Desa Panton Pawoh, seperti pembinaan ekonomi kerakyatan dan pengelohan hasil perkebunan serta pertanian setempat. Dengan demikian, diharapkan dapat terjalin sinergi positif antara Unmuha dan masyarakat setempat.