Dalam upaya menyampaikan fakta objektif seputar kelapa sawit dan menghilangkan mitos yang berkembang, Direktorat Jenderal Pembendaharaan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kementerian Keuangan Republik Indonesia mengadakan acara Palm Oil Edu Talk Provinsi Bali 2023. Dalam acara tersebut, Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, Dosen Program Studi Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Udayana, dipercaya sebagai narasumber yang membahas pengolahan minyak jelantah.

Acara ini diikuti oleh guru, siswa SMU/SMK di wilayah Provinsi Bali, serta insan pendidikan lainnya yang bekerja sama dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Plt. Direktur Kemitraan BPDPKS, Kabul Wijayanto, serta beberapa pembicara lainnya juga turut hadir baik secara langsung di Hotel Prime Plaza Sanur, Bali, maupun melalui Zoom secara online.

Dalam pelatihan yang dipimpin oleh Dr. Dewa Ayu Anom Yuarini, S.TP., M.Agb., peserta diberikan edukasi mengenai penggunaan minyak jelantah sawit yang baik, pemurnian minyak jelantah sawit, serta pengolahan minyak jelantah sawit menjadi produk non-pangan dengan nilai jual tinggi seperti sabun dan lilin. Demonstrasi langsung dan praktik pemurnian minyak jelantah sawit juga dilakukan.

Dr. Yuarini menyambut baik kegiatan Palm Oil Edu Talk yang diselenggarakan oleh BPDPKS Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Ia senang dapat berbagi informasi dan berdiskusi dengan peserta terkait pemanfaatan minyak jelantah sawit. Ia juga berharap agar peserta dapat memahami bahaya penggunaan minyak jelantah sawit secara berulang.

Selain itu, ia berharap peserta juga mampu melakukan pengolahan sederhana minyak jelantah sawit di lingkungan keluarga guna mengurangi limbah minyak jelantah. Hal ini merupakan bentuk sederhana dari kepedulian terhadap kebersihan lingkungan.

Dengan adanya Palm Oil Edu Talk Provinsi Bali ini, diharapkan pengetahuan tentang pengolahan minyak jelantah sawit dapat semakin tersebar dan kesadaran akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dapat meningkat.