Padang, 18 Agustus 2023 – Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran, Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan (KTP) dari Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang telah sukses mengadakan pelatihan inovatif. Kegiatan ini menyasar para guru di SMAN 1 X Koto, Kabupaten Tanah Datar, dengan fokus pada pembuatan media pembelajaran menggunakan platform Canva.

Pelatihan ini menjadi contoh konkret dari pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh Rahmi Pratiwi, M.Pd., Winanda Amilia, S.Pd., M.Pd.T., dan Luthfiani, M.Pd. dari Dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga turut melibatkan Salma Azzati Zahra dan Vini Lovita, dua mahasiswa Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan.

Rahmi Pratiwi, M.Pd., yang juga merupakan ketua tim pelaksana, menjelaskan bahwa tujuan utama pelatihan ini adalah untuk berbagi pengetahuan mengenai pentingnya media pembelajaran sebagai elemen integral dari Standar Proses Pembelajaran. “Melalui pelatihan ini, kami akan mempraktikkan penggunaan aplikasi Canva sebagai sarana untuk mengembangkan media pembelajaran. Canva adalah alat yang sangat dikenal dan mudah digunakan, terutama bagi pemula, berkat beragam template yang telah disediakan dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran,” ujarnya.

Peserta pelatihan terdiri dari 35 guru dan tenaga pendidik dari SMAN 1 X Koto. Kegiatan ini dilaksanakan dalam format blended learning, dimana satu hari dilakukan secara tatap muka dan empat hari lainnya dilakukan secara online. Narasumber dari pelatihan ini adalah Winanda Amilia, S.Pd., M.Pd.T., dan Alkadri Masnur, M.Kom.

Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 X Koto, Abdul Halim, S.Pd., berharap bahwa para peserta pelatihan dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh dalam proses pembelajaran. “Kami sangat berharap kolaborasi antara SMAN 1 X Koto dan Universitas Negeri Padang akan terus berlanjut dalam berbagai kegiatan mendatang,” kata Halim.

Kegiatan ini bukan hanya menciptakan wadah untuk berbagi pengetahuan, tetapi juga merupakan langkah positif menuju peningkatan kualitas pembelajaran di era digital.