Dalam upaya mengembangkan soft skill guru di Sekolah-Ku Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) Makassar, dosen-dosen Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar telah menyelenggarakan workshop pengembangan E-learning berbasis Google Classroom. Kegiatan ini merupakan bagian dari realisasi pengabdian internal tahun 2023 yang didanai oleh Universitas Muhammadiyah Makassar.

Workshop ini berlangsung selama tiga hari pada tanggal 13, 14, dan 27 Maret 2023, dengan pelaksanaan secara luring dan daring di Sekolah-Ku YKAKI Makassar. Kegiatan ini melibatkan 13 orang guru yang antusias dan berdedikasi dalam mengikuti workshop tersebut.

Dalam workshop ini, tim pengabdi yang dipimpin oleh Muhammad Rizal Usman, S.Pd., M.Pd dan anggota pengabdi Dr. Andi Husniati, M.Pd serta Kristiawati, S.Pd., M.Pd., memberikan beberapa sesi kepada para peserta. Sesi pertama meliputi teori dan pengenalan tentang Google Classroom. Sesi kedua fokus pada penyusunan bahan ajar seperti e-book, ppt, dan soal. Sesi ketiga adalah kegiatan praktek dan pendmapungan pengembangan media. Sesi keempat berfokus pada evaluasi progres media yang telah dibuat.

Peserta workshop menunjukkan antusiasme yang tinggi dalam mengikuti kegiatan ini baik secara luring maupun daring. Mereka menunjukkan kreativitas yang luar biasa dalam mengembangkan media E-Learning berbasis Google Classroom.