Dosen Teknik Sipil Universitas Semarang (USM), Dr. Ir. Edy Susilo MT, berhasil meraih dana hibah dari program Matching Fund – Kedaireka 2023 yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Pada hari Rabu (02/08/2023), Dr. Edy Susilo MT menggelar Focus Group Discussion (FGD) sesi pertama di Hotel MG Setos. FGD ini membahas tentang penelitian yang diangkat oleh Dr. Edy Susilo MT mengenai Penanganan Genangan Banjir di Kawasan Simpang Lima dengan menggunakan Pipa Resapan Horizontal.

Wakil Rektor III USM, Dr. Muhammad Junaidi SHI MH, menyatakan bahwa penelitian tentang pipa resapan horizontal ini merupakan kontribusi nyata dari USM untuk Kota Semarang dalam menanggulangi bencana banjir, tidak hanya dari hilir, tetapi juga dari hulunya. Beliau berharap mendapatkan dukungan dari masyarakat dan pemerintah daerah dalam pelaksanaan penelitian ini. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga mengapresiasi bagian hukum di Kota Semarang dan para staf DPRD Semarang yang telah hadir.

Prof. Dr. Ir. Mudjiastuti Handajani MT, dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM), juga memberikan informasi bahwa FGD ini bertujuan untuk mendukung masukan dalam penyusunan peraturan Walikota Semarang terkait penanganan banjir di kota tersebut. Penelitian tentang pipa resapan horizontal yang dilakukan oleh Dr. Edy Susilo MT telah memberikan hasil nyata, dengan penerapan pipa resapan horizontal pada 179 titik di Kota Semarang. Selain itu, LPPM USM juga mendapatkan dua studi dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Semarang, yaitu tentang evaluasi pelaksanaan pipa resapan horizontal dan pemodelan pipa resapan di Kota Semarang. Pekerjaan ini diharapkan akan selesai pada akhir Oktober.