Site icon Berita Dosen

Universitas Amikom Purwokerto Gelar Pelatihan Mikrokontroler Arduino R3 untuk Siswa SMK Negeri 1 Purwokerto

Universitas Amikom Purwokerto bekerja sama dengan SMK Negeri 1 Purwokerto mengadakan pelatihan mikrokontroler Arduino R3 yang berlangsung di Laboratorium Komputer Universitas Amikom Purwokerto pada 13 Juni 2024. Pelatihan ini diikuti oleh 20 siswa SMK dan dibimbing oleh Dosen Amikom Purwokerto, Darso, ST, MT, bersama dengan tiga mahasiswa pendamping, yaitu Satyo Dwi Apitiadi, Ikhsan Dwi Seto, dan Dwi Angga Ferdianto.


Pelatihan ini memberikan kombinasi antara teori dan praktik langsung dalam penggunaan mikrokontroler Arduino R3, yang dilaksanakan dengan fasilitas lengkap di laboratorium Kampus Ungu. Darso, ST, MT, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meng-upgrade keterampilan dan pengetahuan siswa SMK Negeri 1 Purwokerto mengenai teknologi mikrokontroler Arduino R3.
“Dengan suksesnya pelatihan ini, kami berharap dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan keterampilan siswa dalam membuat proyek aplikasi sederhana berbasis mikrokontroler Arduino R3,” ujar Darso.
Darso menjelaskan bahwa Arduino adalah platform elektronik open-source yang terdiri dari papan rangkaian elektronik dengan chip mikrokontroler sebagai komponen utamanya. Arduino dapat diprogram menggunakan komputer atau laptop sesuai kebutuhan, dan dapat diaplikasikan dalam berbagai proyek seperti MP3 player, pengontrol motor, mesin CNC, monitor kelembaban tanah, pengukur jarak, penggerak servo, pengontrol suhu, dan banyak lagi.
Peserta pelatihan didorong untuk memanfaatkan teknologi mikrokontroler Arduino R3 dalam pengembangan proyek aplikasi berbasis pengendali mikro, yang diharapkan dapat menambah wawasan mereka tentang technopreneur di bidang industri teknologi 4.0.
“Diharapkan, melalui pelatihan ini, peserta didik dapat mengembangkan keterampilan baru yang relevan dengan industri teknologi saat ini dan mempersiapkan diri mereka untuk berkontribusi di dunia technopreneur,” pungkas Darso.

Exit mobile version