Site icon Berita Dosen

UIR Laksanakan Program Kemitraan Masyarakat di Bank Sampah Puan Sari Mandiri Pekanbaru

Tim dosen dari Program Studi Administrasi Publik dan Agribisnis Universitas Islam Riau (UIR) yang menerima dana hibah tahun 2024 dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, melaksanakan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) di Bank Sampah Puan Sari Mandiri, Kota Pekanbaru.


Bank Sampah Puan Sari Mandiri, yang dikoordinir oleh Hj. Herlinawati, S.Pd., M.M., berdiri sejak April 2021 di Jalan Mekar Sari No. 48, Kecamatan Bukitraya, Pekanbaru. Kegiatan PKM ini dipimpin oleh Nurmasari, S.Sos., M.Si., dengan anggota tim Sisca Vaulina, S.P., M.P., Dr. Raden Imam Al Hafis, S.Sos., M.A.P., serta melibatkan mahasiswa seperti Siti Fatimah dan Haikal Ryan Anas. Tema yang diusung adalah “Pengelolaan Sampah dan Pengembangan Keterampilan Kreativitas dan Inovatif Melalui Bank Sampah Puan Sari Mandiri Pekanbaru”.
Kegiatan ini meliputi sosialisasi, pelatihan, penerapan teknologi, pendampingan, evaluasi, serta perencanaan keberlanjutan program. Acara dihadiri oleh RT, RW, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), ketua dan pengurus Bank Sampah, serta anggota masyarakat setempat. Dua narasumber dari Gerai Kembang Setaman, Elvanelin dan Sri, memberikan pelatihan terkait inovasi daur ulang plastik menjadi kerajinan tangan bernilai ekonomi. Selain itu, Tim PKM UIR juga memberikan bantuan berupa mesin pencacah plastik dan mesin jahit.
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pengelolaan sampah serta mengembangkan keterampilan kreatif dan inovatif di kalangan masyarakat setempat, sehingga mampu memberikan nilai tambah ekonomi dan mendukung lingkungan yang lebih bersih dan sehat.

Exit mobile version