Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyelenggarakan sosialisasi penggunaan aplikasi Sistem Informasi Sumberdaya Terintegrasi (SISTER) di Ballroom UIN pada Kamis (23/11/2023).

Sosialisasi ini merupakan langkah nyata dalam implementasi Layanan Perubahan Data Dosen (PDD) FORLAP Dikti ke PDD SISTER, yang merupakan tindak lanjut dari Surat Edaran Dirjen Sumber Daya Iptek dan Dikti Nomor 3/D.D2/D1.02/2019. Tujuan dari langkah ini adalah mempermudah, mempercepat, dan mensinergikan serdos dan PAK dosen ke depannya.

Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, dalam sambutannya, menyatakan bahwa keikutsertaan dalam terobosan baru seperti penggunaan SISTER merupakan kewajiban untuk terus berinovasi. Dalam rangka menuju perguruan tinggi yang lebih maju, digitalisasi menjadi fokus utama UIN RIL di era digital ini.

“Digitalisasi merupakan salah satu program utama UIN RIL. Di era digital ini, penggunaan teknologi informasi menjadi suatu keharusan untuk menuju universitas yang lebih maju dan unggul,” kata Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD.

Lebih lanjut, Rektor menyebutkan bahwa aplikasi SISTER sangat relevan dengan mandat Direktur Diktis dan Direktur Pendis Kemenag RI untuk melakukan reakreditasi institusi pada 2024. SISTER dianggap sebagai alat yang dapat memberikan gambaran siapnya reakreditasi UIN Raden Intan Lampung tahun 2024.

SISTER adalah aplikasi yang dirancang oleh Dikti untuk memudahkan dosen dalam mengelola data portofolio, perubahan data dosen, dan proses yang terkait kepangkatan/karir dosen. Setiap dosen di perguruan tinggi diwajibkan mendaftar di SISTER Dikti, tujuannya adalah mendata semua dosen.

Peserta sosialisasi terdiri dari 150 dosen dengan tugas tambahan di lingkungan UIN Raden Intan Lampung. Narasumber kegiatan ini berasal dari Dosen Informatika Universitas Lampung (Unila) dan bagian admin pengelola SISTER, Mahendra Pratama ST MEng.

Mahendra menjelaskan bahwa penggunaan SISTER tidak hanya untuk mendata dosen, tetapi juga mendukung inovasi informasi yang akurat terhadap kinerja dosen. Aplikasi ini mempermudah dan mempercepat pelaporan kinerja dosen yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan data. Selain itu, SISTER dapat mengoptimalkan pengelolaan data, pengarsipan, dan pelacakan aktivitas akademik oleh semua dosen di lingkungan UIN RIL.

Plt Ketua LPM UIN RIL, Bambang Irfani MPd PhD, menekankan bahwa sosialisasi ini sangat urgent karena seluruh data kinerja tridharma dosen terintegrasi dalam satu wadah portofolio. Hal ini akan mempengaruhi perkembangan karir, kemutakhiran data dosen, penilaian BKD, dan penilaian PAK dosen. (An/AH)