Tim Peneliti UPI dan Nanzan University Menghasilkan Buku Pengayaan BIPA Melalui Studi Cerita Rakyat Indonesia-Jepang

Bandung, 15 Juli 2023 – Sebuah tim peneliti dari Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dengan Nanzan University telah menghasilkan buku pengayaan bagi Program Studi Magister Pendidikan BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing). Penelitian yang berjudul “Implementation and Evaluation of Indonesian-Japanese Folklore Books through Cross-Cultural Understanding Learning Model” ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman silang budaya dalam pembelajaran BIPA.

Tim peneliti terdiri dari Prof. Dr. Yulianeta, M.Pd., Dr. Halimah, M.Pd., Prof. Dr. Syihabuddin, M.Pd. dari UPI, dan Prof. Dr. Mikihiro Moriyama dari Nanzan University. Selain itu, dua mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan BIPA, Pitra Ramadhani dan Vania Maherani, serta seorang pegiat BIPA mandiri, Dewi Prajnaparamitha A, M.Pd., juga ikut terlibat dalam penelitian ini.

Berdasarkan penelitian tersebut, sastra sebagai artefak budaya dan kekayaan bangsa Indonesia, khususnya cerita rakyat, dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar dalam pembelajaran BIPA. Cerita rakyat Indonesia dan Jepang memiliki kemiripan yang dapat digunakan sebagai sarana pemahaman silang budaya. Dalam penelitian ini, satu kelas mahasiswa pemelajar BIPA di jurusan Asian Studies, Faculty of Global Liberal Studies, Nanzan University menjadi subjek penelitian. Penelitian dilakukan dengan menggunakan buku pengayaan yang telah diperbaiki berdasarkan hasil penelitian sebelumnya.

Rangkaian uji coba buku pengayaan ini dilaksanakan di kampus Nanzan University, Nagoya, Jepang pada tanggal 12 hingga 17 Mei 2023. Pendekatan lintas budaya yang digunakan dalam penelitian ini juga bertujuan untuk mengurangi adanya gegar budaya pada pemelajar BIPA Jepang yang nantinya akan datang ke Indonesia.

Penelitian kolaboratif ini merupakan bagian dari kerja sama antara UPI dan Nanzan University. Diharapkan bahwa kerja sama ini akan meningkatkan reputasi internasional UPI serta mengakui keberhasilan para dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam penelitian ini.