Site icon Berita Dosen

Pelatihan Desain Grafis Membuka Wawasan Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa Ketenger

Laboratorium Komputer Universitas Amikom Purwokerto menjadi tempat kegiatan pengabdian masyarakat yang berjudul “Adaptasi Teknologi sebagai Penguatan Program PIK Remaja bagi Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa Ketenger (PPKBD)” pada hari Sabtu, 3 Agustus 2024.

Dipimpin oleh Suliswaningsih, M.Kom, dosen Universitas Amikom Purwokerto bersama dua mahasiswa dari Program Studi Informatika, kegiatan ini dihadiri oleh 15 dari 28 peserta yang mendaftar. Peserta yang hadir merupakan anggota PIK Remaja Kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa Ketenger (PPKBD), yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan keterampilan hidup (life skill) remaja.

Pelatihan yang dimulai pukul 09.00 WIB ini mengusung materi “Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Software Pengolah Vektor Adobe Illustrator.” Kegiatan dimulai dengan pengisian formulir pra-pelaksanaan untuk mengetahui pengetahuan dasar peserta tentang desain grafis. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi pengantar desain grafis, serta pengenalan pada software Adobe Illustrator dan Adobe Photoshop.

Para peserta kemudian diberikan kesempatan untuk praktik langsung menggunakan tools dari Adobe Illustrator. Mereka diajak membuat desain logo dan banner kuliner yang dapat digunakan untuk promosi di media sosial. Pertanyaan dari peserta aktif mengisi sesi tanya jawab, diikuti oleh pengisian formulir evaluasi untuk mengukur keberhasilan pelatihan.

Dari testimoni yang diberikan, Suliswaningsih, M.Kom, ketua penyelenggara mengatakan, “Teknologi saat ini sudah dilibatkan untuk membantu pekerjaan manusia, maka dari itu perlunya menyesuaikan diri dengan perkembangan IT. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan kemampuan IT yaitu desain grafis khususnya bagi remaja.”

Salah satu peserta pelatihan menyampaikan, “Salah satu tujuan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK Remaja) adalah Keterampilan Hidup (Life Skill), di mana remaja dipersiapkan untuk dapat memiliki keterampilan sebelum mereka terjun ke kehidupan perkawinan/bermasyarakat. Sehingga remaja di Desa Ketenger perlu diberikan pelatihan pengembangan diri yang dapat mengarahkan remaja pada kegiatan produktif yang dapat mengasah keterampilan.”

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama seluruh peserta, menandai momen berharga dari sebuah upaya nyata dalam mengintegrasikan teknologi dalam pengembangan keterampilan hidup remaja Desa Ketenger. Kegiatan ini juga sesuai dengan program kerja PIK Remaja oleh PPKBD, yang berupaya mempersiapkan generasi muda dengan keterampilan yang relevan untuk masa depan mereka.

Exit mobile version