Dosen Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Prof. Dr. Ir. Elfi Anis Saati, MP., mengembangkan inovasi minuman baru yang dibuat dengan bahan dasar bunga mawar. Menurutnya, minuman ini berasal dari penelitiannya pada 2002 tentang pigmen dan kemudian menemukan bahwa mawar lokal tabur mengandung antioksidan yang bagus. Mulai dari vitamin C, minyak atsiri, antosianin, hingga zinc. Ketika diuji coba ke tikus, mawar itu terbukti mampu mencegah penyakit hati dan ginjal.

Hal ini membuat Elfi mengubah mawar itu menjadi olahan minuman sari bunga pada 2017 lalu dan mendapatkan sertifikasi halal pada 2019. Minuman tersebut diberi nama Elviza dan berasal dari bunga mawar yang biasanya dibuang saat panen raya di Pasuruan. Terdapat 80-100 kuntum bunga mawar hanya di hargai Rp 5.000 saja.

Elviza telah mendapatkan berbagai penghargaan seperti Five Best Poster Product Halal Excellent di World Halal Research di Kuala Lumpur. Elfi sendiri mendapatkan predikat dosen inovator terpuji dari LLDikti Jawa Timur.

Elfi memiliki harapan besar terhadap inovasi minuman yang ia ciptakan ini. Ia berharap Elviza dapat menjadi produk unggulan dan ikon kota kelahirannya, Pasuruan dan Bangil tercinta. Elfi juga ingin minuman ini memberikan manfaat kesehatan bagi masyarakat yang mengonsumsinya, dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Hingga saat ini, sudah ada sebelas karyawan yang membantu proses produksi dan akan bertambah seiring bertambahnya waktu.

Pada 16 April 2023, minuman Elviza berhasil menjadi juara I produk kreatif Kabupaten Pasuruan. Kompetisi yang diikuti oleh ratusan peserta dengan produk-produk menariknya, di antaranya yakni kriya, fesyen, kuliner, dan seni rupa. Terdapat tiga aspek yang dinilai pada kompetisi tersebut, yaitu konten narasi produk, sejarah, dan cerita sukses, hingga metode penyampaian saat presentasi. Para peserta dituntut untuk bisa lebih informatif, komunikatif, interaktif, dan menarik.

Elfi sendiri merasa bersyukur dan bangga dengan penghargaan yang ia terima. Dia berharap dapat melanjutkan inovasinya dan menghasilkan produk-produk yang lebih berkualitas di masa depan. Dia juga ingin Elviza menjadi produk yang lebih dikenal dan banyak diminati oleh masyarakat.

Elviza memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia, terutama dalam mencegah penyakit hati dan ginjal. Minuman ini juga sangat lezat dan segar untuk menghilangkan dahaga pada hari yang panas. Produk ini tidak hanya menawarkan manfaat kesehatan, tetapi juga bertanggung jawab terhadap lingkungan. Elfi menggunakan bunga mawar yang sebelumnya dibuang, dan menjadikannya sebagai sumber daya yang bermanfaat.

Elfi juga berharap bahwa produk-produk inovatif seperti Elviza akan semakin banyak dikembangkan oleh para inovator dan pengusaha di Indonesia. Elfi percaya bahwa kita harus bekerja keras untuk menciptakan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing tinggi, sehingga dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dan bahkan dunia. Para pengusaha harus berani mengambil risiko dan berinovasi, serta memanfaatkan sumber daya lokal untuk menciptakan produk yang bermanfaat bagi masyarakat.

Dalam era digital seperti sekarang, pemasaran juga sangat penting. Elfi dapat memasarkan produknya melalui media sosial atau platform online lainnya. Dalam memasarkan produk, hal yang penting adalah meningkatkan brand awareness, menjangkau target market yang tepat, dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

Dengan menggunakan SEO atau Search Engine Optimization, Elfi dapat memperbaiki peringkat situs webnya di mesin pencari seperti Google. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk menemukan produknya online. Faktor yang penting dalam SEO antara lain konten situs web yang berkualitas, upaya pemasaran terus menerus, dan penggunaan kata kunci yang sesuai dengan target pasar.

Kesimpulannya, inovasi produk seperti Elviza sangat penting untuk mengembangkan ekonomi Indonesia, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Elfi Anis Saati, MP telah memberikan inspirasi bagi para pengusaha dan inovator di Indonesia untuk terus bekerja keras dan berinovasi.